Pengaruh Metode Penerapan Permainan PairCoupon Exchange terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TKJ Kelas X di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang

Putra, Gusriandi Yunanda (2016) Pengaruh Metode Penerapan Permainan PairCoupon Exchange terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TKJ Kelas X di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_Gusriandi_Yunanda_Putra_4256_00671_2016.pdf] Text
B1_05_Gusriandi_Yunanda_Putra_4256_00671_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi peneliti yaitu rendahnya hasil belajar teknik komputer dan jaringan siswa kelas X TKJ SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang, hal ini dapat dilihat dari siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar teknik komputer dan jaringan yang benar adalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Metode
Penerapan Permainan Pair Coupon Exchange terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TKJ Kelas X di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang.Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas Kelas X di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang yang berjumlah 81 orang dan sampel berjumlah 54 orang. Dari analisis yang dilakukan,nilai t hitung antara kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol setelah diberi
perlakuan Metode Pembelajaran Pair Coupon Exchange dan Metode Pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar TKJ siswa menunjukkan angka sebesar 1,062
selanjutnya nilai yang diperoleh dibandingkan dengan t table pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan N – 1 (26) ternyata nilai yang diperoleh adalah 1,056
hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung (1,062) > t table (1,056) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh Metode
Pembelajaran Pair Coupon Exchange lebih efektif dari pada Metode Pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar TKJ siswa Kelas X SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang,
hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:21
Last Modified: 13 Jun 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item
View Item