Adrianti, Delvia (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Melalui Pemanfaatan LKS terhadap Hasil Belajar Basic Web Design (BWD) Siswa Kelas X TKJ di SMK N 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DELVIA_ADRIANTI_85111_2011.pdf [thumbnail of B1_5_DELVIA_ADRIANTI_85111_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DELVIA_ADRIANTI_85111_2011.pdf
Download (209kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukandilapangan yaitu di SMKN 1 Bukittinggi, masih banyaknya siswa kelas X TKJyang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada matapelajaran Basic Web Design yang ditetapkan sekolah yaitu 74,00 denganrentangan 0 - 100. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu metodemengajar dan pembelajaran sering didominasi oleh guru. Untuk itu dilakukanpembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian inibertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara hasil belajar pembelajarankooperatif tipe Team Assisted Individualization melalui pemanfaatan LKS denganhasil belajar pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah terdapatpengaruh pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization melaluipemanfaatan LKS terhadap hasil belajar Basic Web Design (BWD) Siswa Kelas XTKJ di SMK N 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekataneksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ di SMK N 1Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengambilansampel dilakukan secara Disproportionate Stratified Random Sampling setelahdilakukan pretest terhadap kelas yang memiliki kemampuan berimbang. Kelaseksperimen adalah kelas yang diberlakukan dengan pembelajaran kooperatif tipeTAI melalui pemanfaatan LKS dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelasyang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakanlembaran tes hasil belajar berupa soal objektif dengan bentuk multiple choicesebanyak 25 butir soal . Data yang diperoleh dianalisis secara statistic denganSPSS 17.0 untuk uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Dari hasil tespenelitian di dapat nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TeamAssisted Individualization dengan pemanfaatan LKS yaitu 78,86 (67,85%)sementara siswa yang menggunakan metode konvensional lebih rendah yaiu 71,83(58,33%). Hasil hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima padataraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajarankooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pemanfaatan LKS dapatmeningkatkan hasil belajar Basic Web Design (BWD) siswa kelas X TKJ.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PEMANFAATAN LKS, BASIC WEB DESIGN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:20 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 01:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13800 |