Hubungan Hasil Belajar Pengetahuan Teori dan Praktek Kesenirupaan dengan Hasil Karya Seni Lukis Siswa di SMK Negeri 4 Padang.

Saputra, Delly (2014) Hubungan Hasil Belajar Pengetahuan Teori dan Praktek Kesenirupaan dengan Hasil Karya Seni Lukis Siswa di SMK Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DELLY_ SAPUTRA_96572_219_2014.pdf] Text
B1_5_DELLY_ SAPUTRA_96572_219_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengetahuan kesenirupaan siswaSMK Negeri 4 Padang yang dilihat dari pengetahuan teori dan pengetahuan praktek, dan untuk melihatberapa bersar keterkaitan kedua variabel tersebut dengan kemampuan berkarya seni lukis. Kerangkastudi ini berpijak pada teori-teori belajar dan dan teori-teori pendidikan seni serta beberapa hasilpenelitian yang relevan.Jenis penelitian deskriptif dan korelasional, populasi adalah siswa Jurusan Lukis SMK Negeri 4Padang, teknik pengambilan sampel purposive sanpling. Pengumpulan data dengan teknikdokumentasi, instrumen menggunakan leger nilai dan lembar analisis hasil belajar teori, praktek dannilai karya. Teknis analisis korelasi menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Untukmenggunakan korelasi Pearson data harus berdistribusi normal, uji normalitas data menggunakanKolmogorov Smirnov.Hasil pengujian normalitas data X1 adalah (Asymp Sig) 0.449 > 0,05 distribusi normal.Pengujian data X2 adalah (Asymp Sig) 0,332 > 0,05 distribusi normal. Pengujian data X1,2 adalah(Asymp Sig) 0,06 > 0,05 distribusi normal. Dan Pengujian data Y adalah (Asymp Sig) 0,266 > 0,05distribusi normal. Hasil Penelitian menemukan skor tertinggi pada X1 adalah 89 dan terendah 63, skorrata-rata 77.16. Dari korelasi antara X1 dengan Y, indeks probabilitas (sig) 0,01 < 0,05 dan koefisienkorelasi 0,712** > 0,05 (diikuti tanda bintang) maka hubungan signifikan dan sangat meyakinkan padataraf 1%. Skor tertinggi pada X2 adalah 88 dan terendah 74, skor rata-rata 78,63. Dari korelasi antaraX2 dengan Y indeks probabilitas (sig) 0,00 < 0,05 dan koefisien korelasi 0,855** > 0,05 (diikuti tandadua bintang). Hubungan signifikan dan sangat meyakinkan pada taraf 1%. Skor tertinggi pada X1,2adalah 87 dan terendah 72, skor rata-rata 80.11. Skor tertinggi pada Y adalah 87 dan terendah 72, skorrata-rata 79.95. Dari hasil Korelasi antara X1,2 dengan Y, indeks probabilitas (sig) 0,000 < 0,05 dankoefisien korelasi 0,982** > 0,05 (diikuti tanda dua bintang) Hubungan signifikan dan sangatmeyakinkan pada taraf 1%.Berdasarkan hasil penelitian, para peserta didik hendaknya dalam melaksanakan prosespembelajaran teori dan praktek bisa lebih serius dalam memahami materi, Sebab pemahaman teori dankemampuan praktek yang baik juga menentukan kualitas sebuah karya seni lukis yang dihasilkanpeserta didik. Tugas pendidik untuk selalu mengingatkan keterkaitan antara pengetahuan kesenirupaanyang meliputi teori dan praktek tersebut terhadap kualitas karya. SMK Negeri 4 Padang jugadiharapkan mendorong peningkatan pengetahuan kesenirupaan untuk keberhasilan peserta didik. Bagipeneliti selanjutnya akan lebih baik jika instrumen penelitian menggunakan tes tertulis untuk mengukurpengetahuan teori, dan tes kerja untuk mengukur pengetahuan praktek dan hasil karya untukmendapatkan evaluasi yang lebih kongkret.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, SENI LUKIS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:19
Last Modified: 13 Jun 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item
View Item