Safitri, Dila Akhira (2016) Pelaksanaan Pengembangan Sikap Sosial Dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_DILA_AKHIRA_SAFITRI_1106636_1878_2016.pdf [thumbnail of B1_4_DILA_AKHIRA_SAFITRI_1106636_1878_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_DILA_AKHIRA_SAFITRI_1106636_1878_2016.pdf
Download (676kB)
Abstract
Mata pelajaran IPS mempunyai tujuan yaitu mampu menumbuh
kembangkan cara berfikir, bersikap, dan berperilaku, serta bertanggung jawab
selaku individual, masyarakat, warga negara. IPS potensial bagi pengembangan
tugas-tugas pembelajaran yang kaya akan nilai dan sikap. Salah satu sikap yang di
tanamkan dalam pembelajaran IPS ialah sikap sosial. Sikap sosial yang harus
dicapai seperti: sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong,
sopan santun dan percaya diri. Rendahnya sikap sosial yang dimiliki siswa terlihat
pada perilaku yang tidak serius dalam diskusi seperti banyak siswa yang bermain
handphone disaat diskusi, mengejek teman dalam menyampaikan pendapat
membuat guru harus mengembangkan sikap sosial dalam pembelajaran IPS.
Berdasarkan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk
mendsekripsikan pelaksanaan pengembangan sikap sosial dalam pembelajaran
IPS di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everett Rogers,
mengungkapkan bahwa bagaimana sebuah ide tersebar dalam dunia pendidikan
dan dikomunikasikan melalui sistem sosial untuk memecahkan sebuah masalah
pendidikan
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe
penelitian studi kasus, Teknik pemilihan informan purposive sampling yang
terdiri dari guru IPS, wakil kurikulum dan peserta didik di SMP Negeri 3 X Koto
Singkarak, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan
studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisa interaktif
dari Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pengembangan sikap
sosial dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak, sikap sosial
yang dikembangkan meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan sopan
santun. Pelaksanaan pengembangan sikap sosial dalam pembelajaran IPS terlihat
dari beberapa cara dalam langkah pembelajaran, yaitu; a) pengembangan sikap
sosial melalui kegiatan awal, b) pengembangan sikap sosial melalui kegiatan inti,
dan c) pengembangan sikap sosial melalui kegiatan penutup
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU IPS, SIKAP SOSIAL |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:18 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 01:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13789 |