Sipangkar, Guido (2016) Kontribusi Kreativitas Siswa dan Sarana Praktikum Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur Listrik Kelas X TAV di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_GUIDO_SIPANGKAR_4423_2016.pdf [thumbnail of B1_05_GUIDO_SIPANGKAR_4423_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_GUIDO_SIPANGKAR_4423_2016.pdf
Download (999kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar kontribusi kreativitas siswa dan sarana praktikum secara simultan maupun secara parsial terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 65 orang dan sampel
berjumlah 40 orang siswa kelas X Teknik Elektronika di SMK N 1 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai kreativitas siswa dan sarana praktikum dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah di
uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kreativitas siswa dan sarana praktikum secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 30,6%, (2) kreativitas siswa
berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 11,2%, (3)sarana praktikum berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 12,3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dan sarana
praktikum berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika di SMKN 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:17 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13783 |