Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Melalui ICT Meggunakan Software Moodle untuk Kelas X SMA

Vilara, Gisti (2016) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Melalui ICT Meggunakan Software Moodle untuk Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_GISTI_VILARA_1201419_1918_2016.pdf] Text
B1_05_GISTI_VILARA_1201419_1918_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan dalam Kurikulum 2013 menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik ditujukan untuk meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa dalam belajar. Dalam menunjang
pembelajaran siswa pada kurikulum 2013 dibutuhkan suatu bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Kenyataannya, masih banyak sekolah-sekolah yang
belum memiliki sebuah bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013.Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini juga dapat menunjang pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan
ajar fisika berbasis pendekatan santifik melalui ICT yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D),desain penelitian yang digunakan untuk uji efektifitas produk adalah
eksperimen before-after. Sebagai objek penelitian adalah bahan ajar fisika berbasis pendekatan saintifik melalui ICT. Bahan ajar ini dapat di akses di website scientific-project.com. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam
eksperimen ini adalah : lembar uji validasi, lembar uji praktikalisasi dan lembar tes awal dan tes akhir siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji efektifitas adalah menggunakan uji t.Berdasarkan hasil analisis data didapatkan 3 hasil. Pertama, validitas untuk bahan ajar berbasis pendekatan saintifik ini adalah valid dengan nilai validitas rata-rata yang dinilai oleh tenaga ahli adalah 82,44 dengan kriteria baik. Kedua,bahan ajar ini praktis digunakan dengan dengan rata-rata 94,88 dan berada pada
kriteria sangat baik. Ketiga, Bahan ajar ini efektif digunakan berdasarkan nilai yang didapatkan lebih besar dari . Nilai sebesar 5,70 dan nilai sebesar 1,71 untuk materi Gerak Lurus dan Nilai Nilai sebesar 6,69
dan sebesar 1,72 untuk materi Hukum Newton, dan nilai rata-rata untuk materi Gerak Lurus dan Hukum Newton adalah sebesar 6,19. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan saintifik ini efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika di kelas X SMA N 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:17
Last Modified: 14 Jun 2025 01:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item
View Item