Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantuan LKS Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas VIII SMPN 5 Sijunjung

Restia, Leona Rahmi (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantuan LKS Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas VIII SMPN 5 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_LEONA_RAHMI_RESTIA_01925_3516_2013.pdf] Text
B1_5_LEONA_RAHMI_RESTIA_01925_3516_2013.pdf

Download (327kB)

Abstract

Pembelajaran fisika memerlukan kecermatan dalam memahaminya,
sedangkan siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep
fisika itu sendiri. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat
memudahkan siswa dalam memahami konsep fisika. Model pembelajaran Novick
merupakan model pembelajaran yang berawal dari perubahan konseptual yang
dikembangkan dari pendekatan konstruktivisme. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Novick berbantuan LKS
kontekstual terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMP N 5 Sijunjung.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research, dengan rancangan
randomized control group only design. Populasi dalam penelitian adalah siswa
kelas VIII SMP N 5 Sijunjung. Sampel adalah kelas VIIIc sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIIIa sebagai kelas kontrol. Data yang diambil adalah hasil
belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Pengambilan data hasil belajar
dalam ranah kognitif menggunakan soal objektif berbentuk pilihan ganda
sebanyak 30 soal. Pengambilan data hasil belajar dalam ranah afektif
menggunakan lembar observasi. Pengambilan data hasil belajar dalam ranah
psikomotor menggunakan lembaran penilaian dengan rubrik penskoran. Data hasil
belajar dalam ke tiga ranah di analisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas
eksperimen adalah 81,60 dan kelas kontrol adalah 72,51. Setelah melakukan uji t
dengan dk pembilang adalah 29 dan dk penyebut adalah 30 diperoleh th = 3.37
dan tt = 2,00, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
ranah kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata = 0,05. Pada
ranah afektif, nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 86,26 dan kelas kontrol
adalah 82,47. Setelah melakukan uji t dengan dk pembilang adalah 29 dan dk
penyebut adalah 30 diperoleh th=6,47 dan tt= 2,00, ini berarti terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen dan kelas
kontrol pada taraf nyata = 0,05. Pada ranah psikomotor, nilai rata-rata kelas
eksperimen adalah 75,22 dan kelas control adalah 70,505. Setelah melakukan uji t
dengan dk pembilang adalah 29 dan dk penyebut adalah 30 diperoleh th = 2,26
dan tt = 2,00, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
ranah psikomotor kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka Ho ditolak dan Hi yang berbunyi
terdapat pengaruh yang berarti model pembelajaran Novick berbantuan LKS
kontekstual terhadap hasil belajar IPA fisika Siswa kelas VIII SMP N 5 Sijunjung
dapat diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:17
Last Modified: 13 Jun 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item
View Item