Pengaruh Penggunaan LKS dalam Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Pencapaian Kompetensi siswa SMA N 7 Padang

Fitri, Leni Aziyus (2012) Pengaruh Penggunaan LKS dalam Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Pencapaian Kompetensi siswa SMA N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_LENI AZIYUS FITRI_01922_2012.pdf] Text
B1_5_LENI AZIYUS FITRI_01922_2012.pdf

Download (470kB)

Abstract

Prestasi yang optimal akan dicapai jika siswa memiliki motivasi yang
tinggi dalam pembelajaran dan merasakan pelajaran sebagai hal yang
menyenangkan. Untuk mencapai tujuan ini, pembelajaran “Quantum Teaching”
merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan. Begitu
juga penggunaan analisis vektor pada LKS merupakan suatu alternatif
pembelajaran yang dapat dilaksanakan. Oleh sebab itu, peneliti menyusun LKS
dengan penggunaan analisis vektor dalam materi Impuls dan Momentum.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan LKS dalam
Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa SMA
N 7 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu
“(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “Randomized Control Group
Only Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 7
Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2011/2012 terdiri dari 6 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling,
sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2
sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu
kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar,
format observasi ranah afektif dan lembaran penilaian psikomotor. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian
hasil belajar fisika siswa pada tiga ranah. Pertama, pada ranah kognitif diperoleh
rata-rata kelas eksperimen 80,312 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 70,844.
Karena data kognitif kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai
varians yang homogen, dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Uji
statistik t, didapat thitung = 4,21 dan ttabel = 1,67. Begitu juga dengan hasil belajar
ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 74,50 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol 70,63, sedangkan nilai thitung = 3,39 dan ttabel = 1,67.
Pada ranah afektif, terlihat nilai rata-rata afektif siswa, didapatkan rata-rata kelas
eksperimen 75,17 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 71,04. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara kompetensi Siswa
yang menggunakan LKS peneliti dengan yang menggunakan LKS MGMP dalam
pembelajaran Quantum Teaching pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:17
Last Modified: 13 Jun 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item
View Item