Mursyida, Lativa (2012) Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat KKPI di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_LATIVA_MURSYIDA_02826_2665_2012.pdf [thumbnail of B1_5_LATIVA_MURSYIDA_02826_2665_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_LATIVA_MURSYIDA_02826_2665_2012.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar
siswa kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dalam Mata Diklat
KKPI, dimana lebih dari 50% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi
Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar pada
mata diklat KKPI di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi kompetensi profesional guru
terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi motivasi siswa terhadap hasil belajar,
3) terdapat kontribusi kompetensi profesional guru dan motivasi siswa secara
bersama – sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 71
responden siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang Panjang.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random
sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata diklat Keterampilan
Komputer dan Pengolahan Informasi, data ini merupakan cerminan hasil belajar
dalam mata diklat KKPI. Sedangkan data kompetensi profesional guru dan
motivasi siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis
menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasi dan regresinya.
Hasil analisis data menunjukkan : 1) Kompetensi profesional guru
memberikan kontribusi sebesar 29,37% terhadap hasil belajar siswa, 2) Motivasi
siswa memberikan kontribusi sebesar 35,10% terhadap hasil belajar siswa, 3)
Kompetensi profesional guru dan motivasi siswa secara bersama – sama
memberikan kontribusi sebesar 58,28% terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada
mata diklat KKPI di SMK Negeri 1 Padang Panjang.
Hal ini berarti bahwa kompetensi profesional guru dan motivasi siswa
mempengaruhi hasil belajar, semakin tinggi kompetensi profesional guru dan
semakin tinggi motivasi siswa dalam proses belajar mengajar, maka hasil belajar
akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13771 |