Anita, Lastri (2019) Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior ModifIcation dengan Setting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf [thumbnail of B1_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Perilaku menyontek merupakan perilaku curang, tidak jujur dan tidak mematuhi aturan yang dilakukan individu tanpa memikirkan dampak kepada dirinya dengan cara memberikan jawaban kepada teman, melihat jawaban teman, melempar-lempar kertas dan memberikan kode jawaban kepada teman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perilaku menyontek siswa di SMA Negeri 8 Padang, (2) mendeskripsikan pendekatan cognitive behaviour modification (CBM) untuk mengurangi perilaku menyontek siswa, (3) menguji efektivitas pendekatan CBM efektif mengurangi perilasku menyontek siswa.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen model pre-eksperiemen, menggunakan desain The One Grup Pretest Posttest Designt. Subjek dalam penelitin ini adalah 10 orang siswa SMA Negeri 8 Padang kelas XI IPS 1. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data wilcoxon signed range test design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CBM efektif dalam mengurangi perilaku menyontek siswa dengan hasil pretest 76,4 % dengan kategori tinggi dan posttest 40,4 % dengan kategori rendah. Penelitian ini memberikan makna bahwa pendekatan Cognitive Behaviour Modification mampu mengurangi perilaku menyontek siswa, untuk itu guru Bimbingan dan Konseling perlu menerapkan pendekatan ini dalam melaksanakan layanan konseling kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13769 |