Disiplin Belajar Siswa Dilihat dari Jurusan yang Diikutinya

Mustafa, Gina (2017) Disiplin Belajar Siswa Dilihat dari Jurusan yang Diikutinya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_GINA_MUSTAFA_1300318_4334_2017.pdf] Text
B1_05_GINA_MUSTAFA_1300318_4334_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Disiplin belajar merupakan keteraturan seseorang dalam menjalani proses pembelajaransehingga mengantarkan kesuksesan dalam belajar dengan mengembangkan aspek sikap mental, cara-cara belajar yang digunakan, dan sikap
mandiri yang dimilki siswa. Fenomena yang ditemukan masih adanya siswa yang belum disiplin dalam belajarnya, seperti melalaikan tugas yang diberikan guru,gaduh di kelas saat pembelajaran berlangsung, bolos pada jam pelajaran
tertentu,mengganggu teman saat belajar,keluar saat pergantian jam, siswa berpindah duduk dalam belajar, terlambat masuk saat pergantian jam pelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan disiplin belajar siswa dari setiap jurusan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini 658 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yang berjumlah 169 orang. Instrumen pengumpulan data adalah angket dengan model skala likert. Kemudian data diolah dengan teknik analisis persentase. Hasil penelitian mengungkap bahwa: 1) disiplin belajar siswa jurusan MIA
berada pada kategori baik, 2)disiplin belajar siswa jurusan IIS berada pada kategori baik, 3) disiplin belajar siswa jurusan IBB berada pada kategori cukup baik, 4) disiplin belajar keseluruhan siswa berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru mata pelajaran, wali kelas, guru BK dapat menerapkan disiplin belajar yang baik kepada siswa agar siswa mampu mendapatkan hasil yang baik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:54
Last Modified: 13 Jun 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item
View Item