Sandi, Defitra (2014) Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berorientasi Model Kecerdasan Majemuk terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DEFITRA_SANDI_17493_5930_2014.pdf [thumbnail of B1_5_DEFITRA_SANDI_17493_5930_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DEFITRA_SANDI_17493_5930_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Siswa memiliki kecerdasan yang beragam. Kompetensi yang dicapai siswaakan optimal jika pembelajaran yang dilaksanakan dapat mengoptimalkan semuakecerdasan yang dimilikinya. Salah satu model pembelajaran yang dapatmengoptimalkan semua kecerdasan siswa adalah pembelajaran dengan modelkecerdasan majemuk. Lembar kerja siswa berorientasi model kecerdasanmajemuk diperkirakan dapat mengoptimalkan kecerdasan majemuk siswa dalampembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidikikompetensi Fisika siswadalam pembelajaran menerapkan lembar kerja siswa berorientasi modelkecerdasan majemuk dan menyelidiki pengaruh penggunaan lembar kerja siswaberorientasi model kecerdasan majemuk terhadap kompetensi Fisika siswa kelasX SMAN 9 Padang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan RandomizedControl Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XSMAN 9 Padang yang terdaftar pada Tahun ajaran 2013/2014. Pada penelitian inidigunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelaskontrol.Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Data pada penelitian ini berupa kompetensi Fisika siswa pada tiga ranah yaitukognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian ini berupa lembar tes hasilbelajar, lembar observasi afektif, dan lembar penilaian kinerja. Data yangdiperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan duarata-rata.Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil dari penelitian ini. Pertama,nilai rata-rata kompetensi siswa dalam pembelajaran menggunakan LKSberorientasi kecerdasan majemuk pada ranah kognitif, ranah afektif,dan ranahpsikomotormasing-masing 73,88, 79,09, dan 79,13. Kedua, penggunaan LKSberorientasi model kecerdasan majemuk memberikan pengaruh yang berartiterhadap kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 9 Padang pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA, KECERDASAN MAJEMUK, KOMPETENSI FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 02:18 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13757 |