Kontribusi Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemograman Berbasis Web Kelas Xi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Di Smk Negeri 2 Padang Panjang

Stiawan, Dedy (2016) Kontribusi Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemograman Berbasis Web Kelas Xi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Di Smk Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DEDY_STIAWAN_06179_3836_2016.pdf] Text
B1_5_DEDY_STIAWAN_06179_3836_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Kontribusi KreativitasBelajar Dan Pemanfaatan Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Pemograman Berbasis Web Kelas Xi Rekayasa PerangkatLunak (RPL) Di Smk Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalahbersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Padang Panjang,terdiri dari dua kelas yang berjumlah 59 orang siswa. Teknik pengambilan sampeladalah dengan menggunakan rumus simple random sampling. Data hasil belajarsiswa diperoleh dari guru mata pelajaran Pemograman Berbasis Web SMK Negeri2 Padang Panjang. Sedangkan data kreativitas Belajar dan PemanfaatanLaboratorium Komputer dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skalalikert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dengan tingkat capaianresponden (1) Kreativitas Belajar sebesar 83,40% pada rerata 4,17. Sedangkan (2)Pemanfaatan Laboratorium Komputer sebesar 79,98% pada rerata 4,00. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel2007 dan SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kreativitasbelajar dan Pemanfaatan Laboratorium Komputer secara bersama-samamemberikan kontribusi sebesar 29,36% terhadap Hasil Belajar siswa SMK Negeri2 Padang Panjang, (2) Kreativitas Belajar memberikan kontribusi sebesar 18,03%terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Padang Panjang, (3) PemanfaatanLaboratorium Komputer memberikan kontribusi sebesar 15,26% terhadap HasilBelajar siswa SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jadi dapat disimpulkan bahwaKreativitas Belajar dan Pemanfaatan Laboratorium Komputer berkontribusiterhadap Hasil Belajar, semakin tinggi kreativitas belajar dalam proses belajarmengajar dan semakin baik pemanfaatan laboratorium komputer, maka hasilbelajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS BELAJAR, LABORATORIUM KOMPUTER, HASIL BELAJAR
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:18
Last Modified: 13 Jun 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13756

Actions (login required)

View Item
View Item