Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Listrik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 1 Padang

Wahyuni, Ghote (2017) Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Listrik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_GHOTE_WAHYUNI_1302388_3155_2017.pdf] Text
B1_05_GHOTE_WAHYUNI_1302388_3155_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang belum maksimalnya hasil belajar mata diklat Teknik Listrik pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017,dimana 60,60% mendapat nilai dibawah Ketuntasan Belajar (KB). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi persepsi siswa tentang proses pembelajaran dan perilaku
belajar secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar.Populasi penelitian ini berjumlah 99 orang dan sampel berjumlah 51 orang siswa kelas X TAV di SMKN 1 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara
acak (Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata Diklat Teknik Listrik. Sedangkan data motivasi persepsi siswa tentang proses pembelajaran dan perilaku belajar dikumpulkan melalui angket yang
disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa
tentang proses pembelajaran dan perilaku belajar secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar Teknik Listrik siswa kelas X TAV SMKN 1 Padang sebesar 27,32%, (2) persepsi siswa tentang proses
pembelajaran berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar Teknik Listrik siswa kelas X TAV SMKN 1 Padang 16,89%, (3) perilaku belajar berkontribusi
secara signifikan terhadap hasil belajar Teknik Listrik siswa kelas X TAV SMKN 1 Padang sebesar 10,89%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Persepsi Siswa Tentang
Proses Pembelajaran Dan Perilaku Belajar Secara Bersama-Sama Berkontribusi Secara Signifikan Terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik Siswa Kelas X TAV SMKN 1 Padang, semakin baik persepsi siswa tentang proses pembelajaran dan semakin baik perilaku belajar, maka semakin tinggi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:18
Last Modified: 13 Jun 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item
View Item