Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Elektronika Dasar Kelas 1 Jurusan Teknik Audio-Video SMK Negeri 3 Kota Lubuklinggau

Putra, Peki Herian (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Elektronika Dasar Kelas 1 Jurusan Teknik Audio-Video SMK Negeri 3 Kota Lubuklinggau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_PEKI HERIAN PUTRA_00590_2012_5708.pdf] Text
B1_5_PEKI HERIAN PUTRA_00590_2012_5708.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas I TAV II SMKN 3 Lubuklinggau pada mata pelajaran elektronika dasar. Peneliti melihat rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM ( ≥70 dan jumlah yang lulus sebanyak 35,48). jumlah siswa yang lulus hanya 20 orang dari 31 siswa (64,52%), Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching ang Learning). Dimana Pembelajaran kontekstual (CTL) ini melibatkan 7 (tujuh) aspek yaitu : 1) Kontruktivis, 2) Menemukan (inquiry), 3) Bertanya (questioning), 4) Masyarakat Belajar (learning community), 5) Pemodelan (modelling), 6) Refleksi (reflection), 7) Penilaian Otentik (authentic assesment). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Dengan Objek penelitian ini adalah siswa kelas 1 TAV II dengan jumlah siswa 31 orang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kontektual dibandingkan metode konvensional pada mata pelajaran elektronika dasar.Sebelum soal-soal tes diberikan, dilakukan uji coba instrumen di SMK Budi Utomo Lubuklinggau, diperoleh indeks reliabilitas instrument sebesar 0.88. Dari hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen = 77.13 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 63 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (80,64%) dari 31 siswa. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 65.37 orang (46,67%) dari 30 siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika dasar di SMKN 3 Lubuklinggau. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas 1 TAV II SMKN 3 Lubuklinggau dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah melihat hasil dari penelitian ini maka disarankan kepada para tenaga pendidik agar dapat menerapkan model pembelajaran CTL ini pada mata pelajaran elektronika dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KOMPONEN ELEKTRONIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:17
Last Modified: 13 Jun 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item
View Item