Handayani, Fultri Sri Ratu (2018) Efektivitas Komunikasi Publik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solok dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_FULTRI_SRI_RATU_HANDAYANI_14042108_2861_2018.pdf [thumbnail of B1_05_FULTRI_SRI_RATU_HANDAYANI_14042108_2861_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_FULTRI_SRI_RATU_HANDAYANI_14042108_2861_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Adapun penelitian ini beranjak dari permasalahan masih banyaknya penduduk atau masyarkat yang belum mengetahui tentang program Jaminan Kesehatan BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Cabang Solok Dalam
Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan dan untuk menngetahui kendala yang dihadapi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solok dalam menyosialisasikan Program Jaminan Kesehatan beserta upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Solok dalam mengatasi Kendala. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan
teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data diperoleh dari wawancara dan diinterprestasikan secara kualitatif, berupa abstrak, kata-kata dan pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Efektivitas Komunikasi
Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Cabang Solok Dalam
Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan berdasarkan indikator pemahaman, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang baik dan tindakan dapat dikatakan efektiv. Hal itu terlihat dari adanya pemahaman masyarakat,
adanya kesenangan, dapat mempengaruhi sikap dan adanya hungan yang baik setelah melakukan sosialisasi serta terdapat tindakan setelah sosialisasi dilakukan.
Layaknya program-program penyadaran masyarakat lainnya, program JKN juga memiliki hambatan dalam pelaksanaannya. Kendala yang dihadapi berkaitan dengan pengaturan jadwal sosialisasi, komplain peserta dan merubah pola pikir
masyarakat. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh BPJS Cabang Solok dalam Mengatasi kendala yaitu BPJS Cabang Solok mencari dukungan masyarakat setempat sebelum melakukan sosialisasi kepada masyarakat, menyediakan bagian
pelayanan informasi dan kotak saran untuk memudahkan masyarakat mencari informasi yang dibutuhkan dan melakukan sosialisasi scara terus menerus kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 02:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13744 |