Pengaruh Pembelajaran Active Learning Model Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran KKPI Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 SOLOK

Simanjuntak, Fransiska Martalina (2012) Pengaruh Pembelajaran Active Learning Model Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran KKPI Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 SOLOK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_FRANSISKA_MARTALINA_SIMANJUNTAK_57626_2596_2012.pdf] Text
B1_05_FRANSISKA_MARTALINA_SIMANJUNTAK_57626_2596_2012.pdf

Download (232kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMK Negeri 2 Solok, belum optimalnya hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan dengan standar kriteria minimum pada mata
pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70 dengan rentangan 0 - 100.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pada siswa menggunakan pembelajaran active learning model index card match lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada
mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK NEGERI 2 SOLOK. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK N 2 Solok. Kelas sampel dipilih dengan menggunkan teknik sample random. Jenis data adalah data primer dan data
sekunder, teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas kemudian uji t terhadap kedua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran active learning model
index card match memiliki hasil yang lebih baik dibanding siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yang terlihat pada nilai rata-rata (x) kedua kelas sampel tersebut. Kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran
active learning model index card match memiliki rata-rata 75,25 dengan simpangan baku 8,8 sementara kelas control yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 66,75 dengan simpangan baku 7,8.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2025 11:07
Last Modified: 12 Jun 2025 11:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item
View Item