Pengaruh Lembar Kerja (LKS) Berbasis Strategi Ivitation Into Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika Kelas X SMA N 7 Padang

Mulyasih, Fitri (2014) Pengaruh Lembar Kerja (LKS) Berbasis Strategi Ivitation Into Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika Kelas X SMA N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FITRI_MULYASIH_12736_1885_2014.pdf] Text
B1_5_FITRI_MULYASIH_12736_1885_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 7 Padang disebabkan oleh kurangnya aktivitas dan motivasi yang tinggi dalam pembelajaran fisika.Untuk mencapai tujuan ini, penggunaan LKS berbasis Strategi Invitation Into Inquiry merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilaksanakan. Oleh sebab itu, peneliti menyusun LKS berbasis Strategi Invitation Into Inquiry dalam materi listrik dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh LKS Berbasis Strategi Invitation Into Inquiry terhadap Hasil Belajar fisika siswa SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen Research dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 7 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.6.dan X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas sampel ditentukan melalui teknik purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif,afektif dan psikomotor serta pada ranah afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam diagram secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 80, sedangkan kelas kontrol 74. Pada ranah afektif, aktivitas dan tingkah laku siswa pada kelas eksperimen memenuhi kriteria sangat baik pada setiap aspek pengamatan dibandingkan dengan kelas kontrol, begitu pula pada ranah psikomotor, aktivitas dan tingkah laku siswa serta hasil kerja siswa pada kelas eksperimen memenuhi kriteria sangat baik pada setiap aspek dibandingkan kelas kontrol. Hipotesis kerja yang menyatakan “Terdapat pengaruh yang berarti LKS Berbasis Strategi Invitation Into Inquiry terhadap hasil belajar fisika siswa SMA N 7 Padang pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor”dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian LKS Berbasis Strategi Invitation Into Inquiry memiliki pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar fisika siswa SMA N 7 Padang pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: INVITATION INTO INQUIRY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2025 11:06
Last Modified: 12 Jun 2025 11:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item
View Item