Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh.

Asrah, Dandy Fadhillah (2014) Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_DANDY_FADHILLAH_ASRAH_12937_129_2014.pdf] Text
B1_5_DANDY_FADHILLAH_ASRAH_12937_129_2014.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya keluhan darimasyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai DinasKependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh. Masih kurang berkualitasnyapelayanan yang diberikan pegawai kepada masyarakat sehingga kebanyakanmasyarakat mempersepsikan kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan danCatatan Sipil Kota Payakumbuh buruk. Maka tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan SipilKota Payakumbuh (Studi kasus pada pelayanan pengurusan akta kelahiran).Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yangbertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi masyarakat terhadapkualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil KotaPayakumbuh(Studi kasus pada pelayanan pengurusan akta kelahiran). Populasidalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah atau telah berurusan denganpelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KotaPayakumbuh, sedangkan sampel penelitian diambil 85 orang melalui penarikansampel dengan rumus Slovin. Data diambil dari alat pengumpul data yangdigunakan berupa angket model skala likert dengan menyebarkannya kepadamasyarakatKota Payakumbuh. Data yang terkumpul tersebut dianalisis denganmenggunakan frequensi, persentase dan rata-rata.Dengan alat bantuan programSPSS (Statistc Product Service Solution) versi 16.00 for windows setelah itudideskripsikan dengan metode deskriptif.Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa persepsi masyarakat terhadapkualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil KotaPayakumbuhpada aspek tangiblesnilai TCR sebesar 70,46% dengan kategoriCukupBaik. Pada aspek reabilitynilai TCR sebesar 67,4% dengan kategori CukupBaik. Sedangkan pada aspek responsivenessnilai TCR sebesar 65,95% dengankategori Cukup Baik.Kemudian pada aspek assurancenilai TCR sebesar 65,4%dengan kategori Cukup Baik dan pada aspek empathynilai TCR sebesar 69,73%dengan kategori Cukup Baik. Sehingga bila dirata-ratakan kelima aspek pelayananpublik diatas, maka masyarakat mempersepsikan kualitas pelayanan di DinasKependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh (Studi kasus pada pelayananpengurusan akta kelahiran).memiliki kategori Cukup Baik dengan nilai TCRsebesar 67,79%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN PUBLIK
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:20
Last Modified: 12 Jun 2025 06:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item
View Item