Anita, Lastri (2019) Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior ModifIcation dengan Setting Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf [thumbnail of B1_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_LASTRI_ANITA_15006094_5893_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Perilaku menyontek merupakan perilaku curang, tidak jujur dan tidak mematuhi aturan yang dilakukan individu tanpa memikirkan dampak kepada dirinya dengan cara memberikan jawaban kepada teman, melihat jawaban teman, melempar-lempar kertas dan memberikan kode jawaban kepada teman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perilaku menyontek siswa di SMA Negeri 8 Padang, (2) mendeskripsikan pendekatan cognitive behaviour modification (CBM) untuk mengurangi perilaku menyontek siswa, (3) menguji efektivitas pendekatan CBM efektif mengurangi perilasku menyontek siswa.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen model pre-eksperiemen, menggunakan desain The One Grup Pretest Posttest Designt. Subjek dalam penelitin ini adalah 10 orang siswa SMA Negeri 8 Padang kelas XI IPS 1. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data wilcoxon signed range test design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CBM efektif dalam mengurangi perilaku menyontek siswa dengan hasil pretest 76,4 % dengan kategori tinggi dan posttest 40,4 % dengan kategori rendah. Penelitian ini memberikan makna bahwa pendekatan Cognitive Behaviour Modification mampu mengurangi perilaku menyontek siswa, untuk itu guru Bimbingan dan Konseling perlu menerapkan pendekatan ini dalam melaksanakan layanan konseling kepada siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPUSTAKAAN A Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Grup. Anugrahening Kushartanti. (2009). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Hlm 38-46. Arinda Nur Mashita. (2013). Modifikasi Kognitif-Perilaku Untuk Mengelola Stres Terhadap Kegiatan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN) Siswa Kelas XI-MM 1 ( Multi Media) SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA. Hlm 319-328. Desi Yovita dan Riska Ahmad. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek Siswa. E-Jurnal. Hlm 1-9 Devi Risma. (2015). Pemetaan Penerapan Modifikasi Perilaku Kognitif Pada Anak Usia Dini Oleh Pendidikan PAUD Di Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild. Hlm 64-71. Dody Hartanto. (2012). Bimbingan dan Konseling: Menyontek Mengupas Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks. Dody Hartanto. (2018). Kefektifan Konseling Rational Emotive Behaviour untuk Merekduksi Perilaku Menyontek Siswa SMA. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Hlm 118-126. Elis Ajizah dan Mualwi Widiatmoko. (2017). Bimbingan Akademik untuk Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Konseling. Hlm 158-166. Endang Ningsih, Firman dan Erlamsyah. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Bimbingan Kelompok Belajar dalam Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa saat Ujian. Jurnal Neo Konseling. Hlm 2-8. Intan Sari, Marjohan, dan Neviyarni. (2013). Locus of Control dan Perilaku Menyontek Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Hlm 267-272. Irene Desy Palupi, Adelina Hasyim dan Hermi Yanzi (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Budaya Menyontek di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah. Jurnal Kultur Demokrasi. Hlm 1-14 Khaerani Wahyuningrum dan Sara Palila. (2014). Harga Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Menyontek Pada Siwa SMP Negeri 2 Sleman. Jurnal Psikologi Integratif. Hlm 50-58. 78 Kiki Nurmayasari dan Hadjam Murusdi. (2015). Hubungan Antara Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi. Hlm 8-15. Lita Hadiati Wulandari. (2004). Efektifitas Modifikasi Perilaku Kognitif Unutk Mengurangi Kecemasan Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal e-USU. Hlm 1-15. M. Dalyono. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. M.Taufiq Hidayat, Yuli Azmi Rozali. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Perilaku Menyontek Saat Ujian pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. Hlm 1-5. Maulida Fitri, Dahliana dan Said Nurdin. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Siswa SMA Negeri dalam Wilayah Kota Takengon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Hlm 19-30. Mufarohah. (2013). Hubungan antara Percaya Diri dengan Perilaku Mencontek pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Salafiyah Bangil Pasuruan. Skripsi (diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Paramita Indraswari. (2012). Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Meningkatkan Self Eksteem Ramaja (dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif, Visualisasi dan Memperbaiki Penampilan Diri. Skripsi (diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Samiroh dan Zidni Immawan Muslimin. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada Siswa-siswi MAS Simbangkulon Buaran Pekalongan. Jurnal Psikologi Islami. Hlm 67-77. Singgih D. Gunarsa. (2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slamet Santosa. (1992). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 79 Sumadi Suryabrata. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sumi Lestari. (2017). Efektivitas Cognitive Behaviour Modification (CBM) Terhadap Perilaku Malu Pada Siswa MAKN Surakarta. Jurnal diterbitkan. Virza Agustin, Afrizal Sano dan Indra Ibrahim. (2013). Perilaku Menyontek Siswa SMA Negeri Di Kota Padang Serta Upaya Pencegahan Oleh Guru BK. Jurnal Ilmiah Konseling. Hlm 71-75. Yeni Karneli, Ardimen dan Netrawati. (2019). Keefektifan Konsseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Stress Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia. Hlm 42-47 Yeni Karneli, Firman dan Netrawati. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Jurnal Pedagogi. Hlm 32-37. Yulis Nursita Sari. (2015). Faktor Penyebab dan Dampak Negatif Menyontek Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi (diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Zaitun Jannah. (2018). Efektivitas Teknik Behaviour Contract dalam Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi (diterbitkan). Fekultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-raniry Bandaceh. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 05:20 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13719 |