Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Pembelajaran Perawatan, Perbaikan, Dari Peralatan Listrik Rumah Tangga Di SMKN 5 Padang

Febriany, Dika (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Pembelajaran Perawatan, Perbaikan, Dari Peralatan Listrik Rumah Tangga Di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DIKA_FEBRIANY_85059_2011.pdf] Text
B1_4_DIKA_FEBRIANY_85059_2011.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari keinginan penulis untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran P3LRT di SMK, dengan cara merancang perangkat
pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan faktor yang penting dalam
proses pembelajaran dan mengarahkan siswa untuk memperoleh pengalaman
belajar. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran
P3LRT SMK kelas X berbasis masalah yang valid, dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model 3D (three-D Model), yang terdiri dari tahap pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop. Pengumpulan data dilakukan
dengan validasi dan uji coba perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh 2 orang
dosen dan 3 orang guru. Dan diuji coba di SMKN 5 Padang untuk mengetahui
praktikalitas yang dikembangkan.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu dengan
mendeskripsikan validitas dan kepraktisan perangkat pembelajaran P3LRT SMK
model pembelajaran berbasis Masalah.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran P3LRT SMK
model pembelajaran berbasis masalah yang meliputi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, dikategorikan cukup valid dengan rata-rata nilai 75,93, materi ajar
dikategorikan cukup valid dengan rata-rata nilai 78,54, dan Lembar Kerja Siswa
berada dalam kategori cukup valid.dengan rata-rata nilai 74,04 Sementara nilai
kepraktisan berdasarkan data observasi dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata
4,67. Sedangkan berdasarkan penilaian guru dan siswa kepraktisan tinggi dengan
nilai rata-rata 84 dan 86,98. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan
perangkat pembelajaran yang valid, dan praktis untuk materi P3LRT kelas X SMK

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2025 05:20
Last Modified: 12 Jun 2025 05:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item
View Item