Ternando, Didik (2014) Penyelenggaraan Program Pendidikan Keterampilan Bordir dan Konveksi Pada UPTD Panti Sosial Bina Remaja “Harapan” Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_DIDIK_TERNANDO_11797_3558_2014.pdf [thumbnail of B1_4_DIDIK_TERNANDO_11797_3558_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_DIDIK_TERNANDO_11797_3558_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh warga belajar di UPTD Panti Sosial Bina Remaja
Harapan Padang Panjang yang mampu bertahan eksis sampai saat ini serta mengalami kemajuan
baik dari segi jumlah warga belajarnya maupun proses pembelajarannya. Selain itu, alumni
sudah bisa mengolah barang sendiri bahkan sudah ada yang membuka usaha sendiri, ada yang
bekerja pada Konveksi didalam dan luar kota Sumatera Barat, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan hidupnya sehari-hari dan keluarga. Dalam hal ini pengelolaan program merupakan
peran yang paling penting. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kegiatan pengelola
program pendidikan keterampilan Bordir dan Konveksi ditinjau dari segi pengorganisasian,
penggerakan, pembinaan dan penilaian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah pengelola, warga belajar, instruktur, karyawan/i. adapun sampel dalam penelitian ini
adalah warga belajar sebanyak 100 orang pada program Pendidikan Keterampilan Bordir dan
Konveksi dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik angket dan teknik
analisis data diperoleh dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian bahwa pengelola pendidikan keterampilan Bordir dan Konveksi telah
melakukan Pengorganisasian program dengan baik yaitu melakukan usaha mengintegrasikan
sumber daya manusia dan non-manusia. Penggerakan program telah dilakukan dengan baik yaitu
melakukan upaya pemberian dorongan kepada pelaksana kegiatan supaya pihak pelaksana
kegiatan untuk. Pembinaan program telah dilakukan dengan baik yaitu melakukan upaya
pengendalian secara profesional terhadap semua unsur organisasi. Penilaian program telah
dilakukan dengan baik artinya yaitu melakukan proses penetapan secara sistematis tentang nilai,
tujuan, efektivitas atau kecocokan program. Saran yang disampaikan agar lebih ditingkatkan dan
dikembangkan lagi komponen pengelolaan yaitu pengorganisasian, penggerakan, pembinaan dan
penilaian.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 05:20 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13716 |