Yunita, Fitriani (2021) Pembuatan LKS Berbasis Model Pembelajaran Generatif pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_FITRIANI_YUNITA_16033012_926_2020.pdf [thumbnail of B1_05_FITRIANI_YUNITA_16033012_926_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_FITRIANI_YUNITA_16033012_926_2020.pdf
Download (9MB)
Abstract
Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dihasilkan dari proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas. Proses pembelajaran berkualitas harus didukung oleh perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Siswa (LKS)
berkualitas. Namun, LKS yang digunakan di sekolah belum mampu memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya dan belum sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan mengembangkan LKS berbasis model pembelajaran Generatif. Berdasarkan hal di
atas telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis model pembelaran Generatif yang valid. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Pengembangan (Development Research) model Plomp. Objek pada penelitian adalah LKS berbasis model pembelajaran Generatif. Sumber data hasil validasi diperoleh dari tenaga ahli. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Validitas dari LKS berbasis model pembelajaran Generatif pada materi Gelombang Bunyi dan Cahaya memiliki nilai rata-rata
sebesar 87,41. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model pembelajaran Generatif pada materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk siswa kelas XI SMA/MA adalah valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 05:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13710 |