Ridwan, Ridwan (2013) Kontribusi Kompetensi Kepala Sekolah Dan Diklat/Pelatihan Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD Negeri di Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_RIDWAN_19038_6134_2013.pdf [thumbnail of B1_1_RIDWAN_19038_6134_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_RIDWAN_19038_6134_2013.pdf
Download (978kB)
Abstract
Fenomena yang terjadi adalah : 1) masih ada guru belum mampu membuat perangkat pembelajaran yang disajikan pada siswa seperti mengembangkan silabus, membuat RPP, 2) tidak mampu membuat media pembelajaran sehingga proses PBM kurang bermutu bagi siswa, 3) masih ada kurang mampu membuat evaluasi atau kisi-kisi soal sehingga pelaksanaan PBM kurang dapat diukur, 4) belum semua guru mendapatkan pelatihan dalam rangka perobahan kurikulum demi peningkatan kinerja guru, 5) Para guru dikelas rendah belum mampu melaksanakan pembelajaran secara tematik , 6) belum semua guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Paikem, 7) Kepala sekolah tidak mampu melaksanakan supervisi terhadap guru, 8) Kepala sekolah tidak bisa menindaklanjuti hasil supervisi guru, dan 9) Kepala sekolah tidak pernah memberikan motivasi atau dorongan pada guru dalam rangka peningkatan profesional melalui pelatihan di KKG. Tujuan penelitian ini adalah 1) kontrbusi Kompetensi kepala sekolah terhadap profesional guru, 2) kontribusi Diklat terhadap profesional guru, 3) kontribusi Kompetensi kepala sekolah dan Diklat secara bersama-sama terhadap profesional Guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri diKecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 158 orang. Sampel penelitian menggunakan stratified proportional random sampling didapatkan sampel sebanyak 62 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yaitu deskripsi data, uji persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis yang diolah dengan menggunakan computer versi 17.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala sekolah berkontribusi terhadap profesional guru di SD Negeri di Kecamatan Akabiluru Kabupaten LimaPuluh Kota dengan besaran kontribusi sebesar 24,8%, Diklat/pelatihanberkontribusi terhadap profesional guru SD Negeri di Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota dengan besaran sebesar 17,7%. Kompetensi Kepala sekolah dan diklat/pelatihan secara bersama-sama berkontribusi terhadap profesional guru sebesar 33,5%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan profesional guru yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui kompetensi kepala sekolah dan diklat/pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepala Sekolah; Kompetensi Profesional; Diklat/Pelatihan; Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 02:34 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/137 |