Muji, Kiroomin Barorotin (2016) Pengaruh Handout Berbasis Cerita Bergambar dalam Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII di SMP N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_KIROOMIN_BAROROTIN_MUJI_1201411_1845_2016.pdf [thumbnail of B1_5_KIROOMIN_BAROROTIN_MUJI_1201411_1845_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_KIROOMIN_BAROROTIN_MUJI_1201411_1845_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kreativitas pendidik dalam proses pembelajaran merupakan kunci untuk
meningkatkan kompetensi peserta didik. Salah satu caranya adalah dengan
mengembangkan bahan ajar kreatif yang menarik peserta didik untuk belajar.
Penggunaan handout berbasis cerita bergambar merupakan alternatif yang dapat
diterapkan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menyelidiki pengaruh handout berbasis cerita bergambar dalam
model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap
pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Researchdengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran
2015/2016. Teknik sampling dilakukan dengan teknik ClusterRandom Sampling.
Data penelitian meliputi hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, sikap, dan
keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes tertulis, lembar observasi, dan
rubrik penskoran. Analisis data untuk hasil belajar kompetensi pengetahuan
dilakukan dengan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan uji normalitas dan
homogenitas yang telah dilakukan maka uji kesamaan dua rata-rata yang sesuai
adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar pada kompetensi
pengetahuan diperoleh rata-rata kelas eksperimen 83.56 lebih tinggi dari pada
kelas kontrol 66.36. Analisis uji kesamaan dua rata-rata yang dilakukan yaitu uji t
untuk kompetensi pengetahuan th = 6.76> tt = 2.00, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaanHandout Berbasis Cerita
Bergambar dalam Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation,
Explanation) terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta DidikKelas VII di
SMP N 7 Padanguntuk kompetensi pengetahuan pada taraf nyata 0,05. Sedangkan
untuk kompetensi sikap dan keterampilan melalui uji hipotesis Chi Kuadrat,
diperoleh χ2
hitung≤ χ2
(1-α)(1), untuk kompetensi sikap χ2
hitung = 2.318 dan untuk
kompetensi keterampilan χ2
hitung = 2.25, ini berarti lebih kecil dibanding χ2
(1-α)(1) =
3.84 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang berarti
penggunaan Handout Berbasis Cerita Bergambar dalam Model Pembelajaran
POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap Pencapaian Kompetensi
IPA Peserta Didik Kelas VII di SMP N 7 Padang untuk kompetensi sikap dan
keterampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPUSTAKAAN Ahmad, R & Abu, A. 1990. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Dikjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas. 2010. Juknis Pengembangan Model Pembelajaran di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Erdoğan, Rahsan. 2004. Investigation Of The Preservice Science Teachers’ Views On Nature of Science, (Online), (etd.lib.metu.edu.tr/upload/3/12605091/index.pdf), diakses 21 September 2015. Halimatuflatun, Rani. 2013. Pengaruh Strategi Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga. Haryati, Mimin. 2010. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press. Latisma, DJ. 2011. Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press Majid, Abdul.2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Masratika.2013. Pengembangan Handout berbasis Gambar Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk SMP.Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Program sarjana STKIP Padang. Mthembu, Zuziwe. 2002. Using the Predict-Observe-Explain Technique to enhance the students’ Understanding of Chemical Reactions. Short Report on piot study. South Africa : Univercity of Natal. Tersedia di http://www.aare.edu.au/01pap/mth01583.htm [diakses 19-04-2015] Mudjiran. 2007. Pengembangan Peserta Didik. Padang :UNP Press. Nasution, Noehl. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi. 65 Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Purwanto, N. 2011. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: Remaja Rosda Karya. Sadiman, Arief S. 2007. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sagala, Syaiful. 2005.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press Sardiman, A, M. 2004.Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito. Sudjana, Nana.2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani. Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodelogi Penelitian. Jakarta : Gravindo Persada. Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi Karakter. FMIPA: UM. Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sunata Dharma. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara Wah Liew, C. & Treagust, D. 2004. The Effectiveness Predict – Observe – Explain (POE) Technique in Diagnosing Studen’s Understanding of Science and Identifying Their Level of Achievement. Wina Sanjaya. 2006. Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarata: Kencana. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:48 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13698 |