Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang Terhadap Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Asmarani, Cintia (2013) Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang Terhadap Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_CINTIA_ASMARANI_97314_3443_2013.pdf] Text
B1_5_CINTIA_ASMARANI_97314_3443_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya keluhan darimahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai perpustakaanUniversitas Negeri Padang. Masih kurang berkualitasnya pelayanan yangdiberikan pegawai kepada mahasiswa sehingga kebanyakan mahasiswamempersepsikan kualitas pelayanan di perpustakaaan Universitas Negeri Padangburuk. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitaspelayanan di perpustakaan Universitas Negeri Padang terhadap mahasiswa (Studipada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang).Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yangbertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan di perpustakaanUniversitas Negeri Padang terhadap mahasiswa (Studi pada mahasiswa FakultasIlmu Sosial Universitas Negeri Padang). Populasi dalam penelitian ini adalahmahasiswa fakultas ilmu sosial yang berada pada Universitas Negeri Padang,sedangkan sampel penelitian diambil 97 orang melalui penarikan sampel denganrumus Slovin. Data diambil dari alat pengumpul data yang digunakan berupaangket model skala likert dengan menyebarkannya kepada mahasiswa FakultasIlmu Sosial. Data yang terkumpul tersebut dianalisis secara statistik denganbantuan program SPSS (Statistc Product Service Solution) versi 16.00 forwindows setelah itu dideskripsikan dengan metode deskriptif.Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa kualitas pelayanan diperpustakaan Universitas Negeri Padang terhadap mahasiswa pada aspektangibles nilai TCR sebesar 67% dengan kategori Cukup Baik. Pada aspekreability nilai TCR sebesar 59,8% dengan kategori Cukup Baik. Sedangkan padaaspek responsiveness nilai TCR sebesar 62,1% dengan kategori Cukup Baik.Kemudian pada aspek assurance nilai TCR sebesar 60% dengan kategori CukupBaik dan pada aspek empathy nilai TCR sebesar 66% dengan kategori CukupBaik. Sehingga bila dirata-ratakan kelima aspek pelayanan publik di atas, makamahasiswa mempersepsikan kualitas pelayanan di perpustakaan UniversitasNegeri Padang terhadap mahasiswa (Studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu SosialUniversitas Negeri Padang) memiliki kategori Cukup Baik dengan nilai TCRsebesar 62,98%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KUALITTAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:28
Last Modified: 14 Jun 2025 01:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item
View Item