Perilaku Bullying dan Faktor Penyebabnya

Kamsiah, Fitri (2017) Perilaku Bullying dan Faktor Penyebabnya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_FITRI_KAMSIAH_1304883_5189_2017.pdf] Text
B1_05_FITRI_KAMSIAH_1304883_5189_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah sebagai lemabga pendidikan bertanggung jawab mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, menjalin hubungan sosial bermakna dengan teman sebaya dan memiliki ranah baru dalam kehidupan sosial. Kenyataan di lapangan
banyak ditemukan praktik bullying di kalangan siswa, seperti bullying fisik,bullying verbal, bullying sosial, dan cyberbullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku bullying dan faktor penyebab di sekolah. Metode penelitian adalah metode kuantitatif, jenis penelitian deskriptif dengan subyek penelitian berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan dengan mengadministrasikan instrumen penelitian dengan skala likert. Data dianalisis
dengan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa perilaku bullying siswa di SMA Adabiah 1 Padang adalah: 1) perilaku bullying fisik berada pada kategori
tinggi, 2) perilaku bullying verbal berada pada ketegori sangat tinggi, 3) perilaku bullying sosial berada pada kategori tinggi, 4) perilaku cyberbullying berada pada
kategori tinggi. Berdasarkan faktor penyebab perilaku bullying 1) faktor keluarga pada kategori tinggi, 2) faktor teman sebaya pada kategori sangat tinggi, 3) faktor
sekolah pada kategori tinggi, dan 4) faktor media sosial pada kategori sangat tinggi. Dengan temuan penelitian tersebut, guru BK dapat memberikan layanan
bimbingan dan koseling seperti, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:23
Last Modified: 12 Jun 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13664

Actions (login required)

View Item
View Item