Firmana, Dian (2014) Hubungan antara Minat Peserta Didik dengan Partisipasinya dalam Mengikuti Pembelajaran di TPA Istighfar Kenagarian Baruah Gunuang Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_DIAN_FIRMANA_01291_472_2014.pdf [thumbnail of B1_4_DIAN_FIRMANA_01291_472_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_DIAN_FIRMANA_01291_472_2014.pdf
Download (694kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya partisipasi peserta didik mengikuti
kegiatan pembelajaran di TPA Mesjid Istghfar Kenagarian Baruah Gunuang
Kabupaten Lima Puluh Kota. Penulis menduga penyebabnya adalah rendahnya
minat peserta didik mengikuti pembelajaran di TPA. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat gambaran minat dan partisipasi peserta didik di TPA, serta hubungan
antara keduanya.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasinya peserta
didik TPA Istighfar sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah
pedoman wawancara, dan analisis data dengan perhitungan persentase. Untuk melihat
hubungan keduanya menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan partisipasi peserta didik di
TPA Istigfar diklasifikasikan pada kategori rendah dan terdapat hubungan yang
signifikan antara minat peserta didik dengan partisipasinya dalam mengikuti pembelajaran
di TPA Istighfar. Berdasarkan hasil tersebut disarankan guru memotivasi,
meningkatkan kualitas, metode, dan media pembelajaran sehingga peserta
didik merasa senang, perhatian, dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Pengurus
TPA membina dan memfasilitasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:22 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13659 |