Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Padang

Alpindo, Okta (2014) Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_OKTA_ALPINDO_54946_813_2014.pdf] Text
B1_5_OKTA_ALPINDO_54946_813_2014.pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah fisika terutama soal-soal analisis. Salah satu model yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah adalah model pembelajaran problem based learning. Model pembelajaran ini dikombinasikan dengan pertanyaan higher order thinking skill, sehingga dapat membantu siswa dalam membahas soal-soal yang rumit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian pertanyaan HOTS dalam model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah ”quasi experimental” dengan rancangan penelitian ”randomized control group only design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik “porposive sampling”. Kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas XI IPA 1 dan 3. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh data pada ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 86,07 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 77,72. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 3,52 dan ttabel = 2,004 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 72,93 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 66,03. Namun analisis uji t pada ranah afektif, diperoleh thitung = 1,61 dan ttabel = 2,004 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di dalam daerah penerimaan Ho, maka Hi ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari pemberian pertanyaan HOTS dalam model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Fisika siswa pada ranah kognitif di kelas XI SMAN 2 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:52
Last Modified: 12 Jun 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item
View Item