Pengaruh Penggunaan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kelas X TKJ Mata Pelajaran Simulasi Digital

Adha, Fitri (2018) Pengaruh Penggunaan Facebook Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kelas X TKJ Mata Pelajaran Simulasi Digital. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_FITRI_ADHA_1302855_1863_2018.pdf] Text
B1_05_FITRI_ADHA_1302855_1863_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya presentase pengaruh penerapan facebook sebagai media pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan semester ganjil SMK Negeri 1 Tilatang
Kamang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen tipe quasi experimental design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tilatang Kamang pada 5 september sampai 5 oktober 2017. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling . Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ 2 kelas eksperimen dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 83,31, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78,60. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t
hitung> ttabel yaitu (1,756 > 1, 699), karena t
hitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0
)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti facebook sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar simulasi digital
siswa kelas X SMK Negeri 1 Tilatang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:52
Last Modified: 12 Jun 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item
View Item