Hubungan Motivasi Belajar dengan Kesiapan Siswa Menghadapi Ujian

Johanita, Khairani (2015) Hubungan Motivasi Belajar dengan Kesiapan Siswa Menghadapi Ujian. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_KHAIRANI_JOHANITA_1105550_4764_2015.pdf] Text
B1_5_KHAIRANI_JOHANITA_1105550_4764_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ujian adalah salah satu kegiatan yang harus dilalui atau diikuti oleh siswa
yang bertujuan untuk mengukur tingkat penguasaan dan pemahaman siswa.
Kesuksesan siswa dalam ujian akan dipengaruhi oleh kesiapan siswa. Kesiapan
siswa dalam menghadapi ujian dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah
satunya adalah motivasi belajar siswa. Fenomena yang terjadi dilapangan siswa
kurang memiliki kesiapan dalam menghadapi ujian. Hal tersebut dapat dilihat dari
masih ada siswa yang terlambat datang saat ujian, gelisah saat ujian, dan
mencontek saat ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1)
motivasi belajar siswa di SMA N 10 Padang, (2) kesiapan siswa menghadapi ujian
di SMA N 10 Padang dan (3) menguji apakah terdapat hubungan motivasi belajar
dengan kesiapan siswa menghadapi ujian di SMA N 10 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi
penelitian adalah siswa SMA Negeri 10 Padang sebanyak 574 orang. Penarikan
sampel menggunakan teknik Proportionale Stratified Random Sampling sehingga
didapatkan sampel sebanyak 88 orang. Alat pengumpul data yang digunakan
adalah angket berskala tentang motivasi belajar dan kesiapan siswa menghadapi
ujian. Pada analisis deskriptif data diolah dengan menggunakan teknik analisis
statistik deskriptif dengan menggunakan bantuan program komputer dan untuk
menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment
dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for windows
version 20.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar yang dimiliki
oleh siswa SMA Negeri 10 Padang pada umumnya berada pada kategori tinggi,
(2) kesiapan siswa dalam menghadapi ujian pada umumnya berada pada kategori
siap. (3)Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan
kesiapan siswa menghadapi ujian. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan
kepada guru BK agar mengembangkan programnya sehingga dapat
mempertahankan dan meningkatkan kesiapan siswa menghadapi ujian serta
motivasi belajar yang telah berada pada kategori tinggi melalui kegiatan-kegiatan
yang menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kesiapan Mengadapi Ujian
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:52
Last Modified: 12 Jun 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item
View Item