Ayu, Fitrah (2018) Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT Pada Materi Besaran dan Vektor Kelas X SMAN 3 PADANG. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_FITRAH_AYU_14033010_368_2018.pdf [thumbnail of B1_05_FITRAH_AYU_14033010_368_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_FITRAH_AYU_14033010_368_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan). Penggunaan pendekatan saintifik diharapkan dapat tercapainya
kompetensi siswa dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kenyataannya dalam pelaksanaannya pembelajaran di SMAN 3 PADANG lebih terfokus pada pencapaian kompetensi sikap dan pengetahuan sedangkan pencapaian kompetensi
keterampilan masih belum optimal dikarenakan keterbatasan alat dan bahan untuk melakukan praktikum dan belum tersedia Lembar Kerja Siswa (LKS). Fasilitas ICT yang ada di sekolah hendaknya dimanfaatkan secara optimal. Sebuah Lembar Kerja
Siswa (LKS) berbasis virtual laboratory melalui ICT dapat menjadi solusi dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah terutama aspek keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi besaran dan vektor kelas x SMAN 3 PADANG.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D) . Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi besaran dan vektor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas, analisis uji praktikalitas, dan analisis uji efektivitas dengan menggunakan uji t berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar 90 dengan kategori valid, rata-rata nilai praktikalitas oleh guru
sebesar 86 dengan kategori praktis, rata-rata nilai praktikalitas siswa sebesar 83 dengan kategori praktis, dan untuk efektivitas diperoleh nilai thitung sebesar -22,18
sedangakn nilai ttabel sebesar 1,70, nilai thitung
lebih kecil dari pada ttabel, sehingga LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi besaran dan vektor kelas X SMAN 3 PADANG valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:52 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13647 |