Masalah Yang Dialami Siswa Yang Tidak Tinggal Bersama Orangtua (Studi Tentang Penyesuaian Diri di SMA Negeri 3 Payakumbuh)

Pidada, Keldi Wira (2011) Masalah Yang Dialami Siswa Yang Tidak Tinggal Bersama Orangtua (Studi Tentang Penyesuaian Diri di SMA Negeri 3 Payakumbuh). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_KELDI_WIRA_PIDADA_88014_3573_2011.pdf] Text
B1_5_KELDI_WIRA_PIDADA_88014_3573_2011.pdf

Download (198kB)

Abstract

Siswa yang tidak tinggal bersama orangtua diharapkan mampu melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya yang baru. Kenyataannya siswa yang tidak
tinggal bersama orangtua mengalami masalah dalam berinteraksi dalam pergaulan
sehari-hari, kurang mampu membina hubungan dengan siswa lain, sulit bergaul
dengan guru, tidak nyaman dalam belajar, tidak mampu berkomunikasi dengan baik,
sering tidak masuk dalam belajar, terlambat ke sekolah, dan sering mendapat surat
panggilan orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan masalah
penyesuaian diri yang dialami siswa yang tidak tinggal bersama orangtua dalam
proses belajar di sekolah, dalam membina hubungan sosial di sekolah dan
mendeskripsikan bantuan yang telah diberikan guru pembimbing untuk membantu
masalah penyesuaian diri siswa yang tidak tinggal bersama orangtua.
Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif, subjek penelitian 30 orang siswa
kelas X yang tidak tinggal bersama orangtua. Alat pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan angket. Data diperoleh dengan mengadministrasikan angket dan
dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis kuantitatif dengan rumus
persentase.
Temuan penelitian menunjukkan 1) Siswa yang tidak tinggal bersama orangtua
mengalami masalah penyesuaian diri dalam proses belajar di sekolah yaitu sukar
berkonsentrasi karena lingkungan belajar yang tidak nyaman dan sulit untuk
memahami tugas yang diberikan guru sehingga tugas tersebut tidak dikerjakan. 2)
Siswa yang tidak tinggal bersama orangtua tidak mengalami masalah penyesuaian
diri dalam menjalin hubungan sosial di SMA Negeri 3 Payakumbuh, 3) Bantuan yang
telah diberikan guru pembimbing untuk membantu masalah penyesuaian diri siswa
yang tidak tinggal bersama orangtua yaitu: menjelaskan cara bergaul kepada siswa
yang tidak tinggal bersama orangtua, memberikan infomasi tentang kiat sukses dalam
belajar, melaksanakan konseling perorangan, menjelaskan cara berkomunikasi
kepada siswa yang tidak tinggal bersama orangtua, dan memberikan buku-buku
panduan tentang cara belajar yang baik.
Disarankan agar guru pembimbing lebih meningkatkan pelayanannya kepada
seluruh siswa dan khususnya siswa yang tidak tinggal bersama orangtua. Untuk guru
mata pelajaran disarankan agar menumbuhkan keberanian siswa untuk bertanya,
ketika materi yang dibahas ada yang tidak dimengerti siswa, sehingga dalam
mengerjakan tugas siswa tersebut mampu untuk menyelesaikannya dengan baik.
Serta disarankan agar siswa yang tidak tinggal bersama orangtua, bila mengalami
suatu permasalahan, terbuka menceritakannya dan berkonsultasi kepada guru
pembimbing.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:51
Last Modified: 12 Jun 2025 01:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item
View Item