Pelaksanaan Pembelajaran Tari Pasambahan Kreasi bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas XI SMA di SLB Negeri 2 Padang (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 2 Padang)

Sirait, Imelda Kristinafany (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Tari Pasambahan Kreasi bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas XI SMA di SLB Negeri 2 Padang (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 2 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_IMELDA_KRISTINAFANY_SIRAIT_17003089_4952_2021.pdf] Text
B1_2_IMELDA_KRISTINAFANY_SIRAIT_17003089_4952_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajran seni tari pasambahan
kreasi bagi anak tunagrahita ringan kelas XI SMALB di SLB Negeri 2 Padang.
Sebagaimana diketahui bahwa anak tunagrahita ringan mengalami keterbatasan
dalam akademik untuk itu tidak menutup kemungkinan mereka mampu pada
bidang keterampilan.Oleh karena itu, fokus masalah dalam penelitian ini adalah
untuk melihat kondisi faktual pelaksanaan pembelajaran seni tari pasambahan
kreasi, kendala serta solusi guru dalam melaksanakan pembelajaran seni tari
pasambahan kreasi bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian pendekatan kualitatif,
dengan tujuan untuk menghasilkan informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran
seni tari pasambahan kreasi bagi anak tunagrahita ringan yang didapatkan melalui
wawancara, catatan lapangan, gambar serta rekaman video dan lain-lain.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021 dan memakan waktu kurang lebih
selama dua bulan dengan subjek penelitian yaitu guru seni budaya dan anak
tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Padang.
Hasil penelitian didapatkan yaitu pelaksanaan pembelajaran seni tari
pasambahan kreasi dilaksanakan 5 kali dalam seminggu. Bentuk perencanaan
pembelajaran mempunyai kurikulum, silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran mempunyai strategi dan
pendekatan secara langsung yaitu guru menyampaikan materi secara verbal
kepada anak dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu menyajikan materi
tari pasambahan kepada anak tahap demi tahap dan melakukan evaluasi
pembelajaran secara langsung dan melalui tes tertulis. Sekolah pun memberikan
dukungan sebagai bentuk apresiasi terhadap pembelajaran seni tari pasambahan
dengan menyediakan sarana dan prasarana di sekolah demi menunjang
keberhasilan pembelajaran seni tari pasambahan kreasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:51
Last Modified: 12 Jun 2025 01:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item
View Item