Ramayanti, Cici (2015) Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Bermuatan NilaiNilai Karakter dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada Materi Usaha dan Gerak Harmonik Terhadap Hasil Belajar Kelas XI SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_CICI_RAMAYANTI_54951_3930_2016.pdf [thumbnail of B1_5_CICI_RAMAYANTI_54951_3930_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_CICI_RAMAYANTI_54951_3930_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Belum optimalnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik disebabkanoleh penggunaan strategi/ metode yang tidak tepat dalam pembelajaran. Disamping itu, bahan ajar yang digunakan tidak menjelaskan karakter-karakter yangperlu dicapai peserta didik. Oleh sebab itu, perlu adanya bahan ajar bermuatannilai-nilai karakter dan strategi pembelajaran yang dapat menigkatkankemampuan berpikir peserta didik.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen denganrancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitianadalah kelas XI SMA Negeri 7 Padang yang terdraftar pada Tahun Ajaran2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster RandomSampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu XI MIA 5 sebagai kelaseksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mendapatkan datainstrumen penelitian yang digunakan berupa tes tulis untuk kompetensipengetahuan, format observasi untuk hasil belajar kompetensi sikap, dan rubrikpenskoran untuk hasil belajar kompetensi keterampilan. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.Hasil dari penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah88,24 untuk kompetensi pengetahuan, 79,41 untuk kompetensi sikap, dan 80,48untuk kompetensi keterampilan. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,71 untukkompetensi pengetahuan, 72,49 untuk kompetensi sikap, 70,16 untuk kompetensiketerampilan. Dari angka diatas menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebihtinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis menggunakan uji bedadiperoleh thitung kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan berturut-turut3,38, 3,31, 4,93. Jika dibandingkan dengan ttabel yaitu 2,00 maka thitung untuksemua kompetensi lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat dikatakanterdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrolpada taraf nyata 0,05, hasil belajar kelas eksperimen > kelas kontrol. Perbedaanhasil belajar ini diyakini akibat pengaruh penerapan bahan ajar bermuatan nilainilai karakter dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir(SPPKB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yangberarti dari penerapan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter dengan strategipembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada materi usaha dangerak harmonik terhadap hasil belajar kelas XI SMAN 7 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, KEMAMPUAN BERPIKIR, GERAK HARMONIS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:22 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13639 |