Mulya, Delta Bima (2018) Dampak Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Teknis terhadap Kinerja Pegawai di Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_05_DELTA_BIMA_MULYA_1305914_1568_2018.pdf [thumbnail of B1_4_05_DELTA_BIMA_MULYA_1305914_1568_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_05_DELTA_BIMA_MULYA_1305914_1568_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini karena berkaitan dengan kinerja Aparatur Sipil Negara yang masih terkesan kurang eksis dalam melaksanakan pekerjaannya, karenamasih belum berjalan secara optimal pada masing-masing instansi. Hal tersebut terlihat masih banyak pegawai yang belum memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaannya, kemudian pegawai tersebut belum mencukupi dalam segi kualitas/kompetensi. Dalam hal peningkatan mutu pegawai yang profesional maka Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Datar menjadi sentralitas kepegawaian yang melakukan pengembangan keprofesian pegawai melalui kediklatan atau menyelenggarakan diklat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi perangkat daerah, dalam konteks disiplin ilmu pengetahuan yang menunjang aktivitas mereka untuk bekerja yang optimal, sehingga pekerjaan dapat dieselasaikan dengan baik sesuai dengan tupoksi masing- masing perangkat daerah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Peserta yang telahmengikutidiklatteknis. Pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Propotional Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 185 orang. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan skala pengukuran skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Dari analisis data yang telah dilakukan maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikandanPelatihanteknisberdampakterhadapkinerjapegawai di Kabupaten Tanah Datar,dampaksecara signifikan terhadap tingkat pemahaman pekerjaan dengan nilai signifikansi 0,00. Nilai Adjust R Square 0,125. Hal ini berarti pengaruh variabel PendidikandanPelatihanTeknisterhadap KinerjaPegawaiKabupaten Tanah Datar sebesar 36,3 %.Sedangkan sisanya 87,5 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya nilai R yang dihasilkan sebesar 0,363 yang berarti kekuatan pengaruh variabel PendidikandanPelatihanTeknisberdampakterhadap kin erjapegawai di Kabupaten Tanah Datar sebesar 12,5 %. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu bagi BadanKepegawaiandanPengembanganSumberDayaManusia(BKPSDM) Kabupaten Tanah Dataragar lebih memperhatikan dalampelaksanaanPendidikandanPelatihanTeknis agar memberikankontribusi yang besarterhadapkinerjapegawai di Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS, KINERJA PEGAWAI |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:22 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13637 |