Sari, Dahlia Peramata (2018) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DAHLIA_PERMATA_SARI_14016099_4569_2018.pdf [thumbnail of B1_2_DAHLIA_PERMATA_SARI_14016099_4569_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DAHLIA_PERMATA_SARI_14016099_4569_2018.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitan ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter
dalam novel Pulang karya Tere Liye. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitain
ini adalah pendekatan objektif.
Data penelitian ini berupa kata-kata, frase, kalimat, dan wacana yang
menampilkan peristiwa-peristiwa dan tokoh-tokoh yang mengindikasikan nilainilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pulang karya Tere Liye.
Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu membaca dan memahami,
menginventarisasi, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan nilai-nilai
pendidikan karakter dalam novel Pulang karya Tere Liye dan berpedoman pada
membaca apresiasif. Teknik analisis data penelitian ini, yaitu data yang telah
terkumpul dan diklasifikasi, selamjutnya di analisis berdasarkan teori. Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif, sesuai dengan tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitan, nilai-nilai pendidikan karakter yang dikaji di
dalam novel Pulang karya Tere Liye ditemukan. Pertama, data yang mengandung
nilai pendidikan karakter percaya diri dengan indikator pantang menyerah, berani
menyatakan pendapat, barani bertanya, mengutamakan usaha sendiri daripada
bantuan, dan bersikap tenang. Kedua, data yang mengandung nilai pendidikan
karakter tanggung jawab dengan indikator melaksanakan kewajiban dan
melaksanakan tugas sesuai kemampuan. Ketiga, data yang mengandung nilai
pendidikan karakter bersikap santun dengan indikator menerima nasihat dari
orang lain, menghindari permusuhan, menjaga perasaan orang lain, dan berbicara
dengan tenang. Keempat, data yang mengandung nilai pendidikan karakter saling
menghargai dengan indikator menerima perbedaan pendapat, mengakui kelebihan
orang lain, membantu orang lain, dan dapat bekerja sama. Dan Kelima, data yang
mengandung nilai pendidikan karakter jujur dengan indikator mengemukakan
apaadanya, berbicara secara terbuka, menunjukkan fakta yang sebenarnya, dan
mengakui kesalahan. Kemudian hasil penelitian ini dapat diaplikasikan pada
pelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII dengan materi teks novel.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13632 |