Saputro, Arya Bagus (2018) Pelaksanaan Layanan E-Puskesmas di Puskesmas Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_05_ARYA_BAGUS_SAPUTRA_1305935_1391_2018.pdf [thumbnail of B1_4_05_ARYA_BAGUS_SAPUTRA_1305935_1391_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_05_ARYA_BAGUS_SAPUTRA_1305935_1391_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Layanan e-Puskesmas adalah pelayanan kesehatan secara online dengan menggunakan media elektronik yang terjaring dengan jaringan internet yang disebut dengan sistem aplikasi e-Puskesmas. Layanan e-Puskesmas dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi informasi di dunia kesehatan yang bertujuan untuk mendukung tercapainya pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Salah satunya di PuskesmasAmbacang Kota Padang, yaitu dengan penerapan layanan e-Puskesmas. Ada dua (2) tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui pelaksanaan layanan e-Puskesmas di Puskesmas Ambacang Kota Padang (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat layanan e-Puskesmas di Puskesmas Ambacang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Informan penelitian ditentukan secara Purposive sampling. Data yang dikumpulkan yakni berupa data primer dan data sekunder melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan e-Puskesmas belum terlaksana dengan baik sehingga pelaksanaan layanan tersebut menjadi belum efektif. Faktor pendukung yang ditemukan adalah sudah adanya beberapa pegawai yang berkompeten dalam menjalankan teknologi, dana dan anggaran yang cukup, adanya perangkat hukum yang jelas, perubahan paradigma pada pegawai di Puskesmas Ambacang serta adanya dukungan dari pimpinan. Faktor penghambat yaitu kurangnya ketersediaan infrastruktur yang memadai, tingkat konektivitas internet tidak sesuai dengan kebutuhan, sumber daya manusia yang masih terbatas dengan keahlian yang dimiliki, kurangnya sosialisasi tentang adanya layanan e-Puskesmas serta kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai layanan e-Puskesmas di Puskesmas Ambacang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PELAYANANPUBLIK, E-GOVERNMENT, E-PUSKESMAS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13631 |