Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas XI

Urahmi, Annisa (2016) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ANNISA_URAHMI_1101211_4482_2016.pdf] Text
B1_01_ANNISA_URAHMI_1101211_4482_2016.pdf

Download (14MB)

Abstract

Multimedia merupakan salah satu pemanfaatan teknologi di dunia
pendidikan. Pada kurikulum 2013, pemerintah mengupayakan adanya
pembelajaran berbasis multimedia di dalam proses pembelajaran. Namun,
pemanfaatan multimedia ini masih belum diterapkan di sekolah karena bahan ajar
yang digunakan oleh siswa dan guru terbatas pada buku cetak saja. Belajar dengan
hanya mengandalkan buku cetak saja tidak cukup untuk membuat siswa belajar
secara aktif dan mandiri. Bagi siswa yang kurang suka membaca lebih cenderung
menyukai pembelajaran yang melibatkan aktifitas fisik. Untuk itu, perlu
dikembangkan bahan ajar berupa multimedia interaktif yang dapat mengoptimalkan
kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan dimana dan kapan saja guna
memfasilitasi siswa untuk belajar aktif dan mandiri. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi
model Plomp yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan dan tahap pembuatan
prototipe. Tahap analisis kebutuhan meliputi analisis silabus, analisis konsep, dan
analisis siswa. Tahap pembuatan prototipe merupakan tahap untuk merancang dan
mengevaluasi produk yang dikembangkan. Tahap ini terdiri atas dua tahap, yaitu
prototipe 1 dan prototipe 2. Pada prototipe 1 dilakukan evaluasi diri dan penilaian
pakar/ahli. Penilaian oleh pakar/ahli ini dilakukan untuk melihat validitas produk
yang dikembangkan. Pada prototipe 2 dilakukan evaluasi satu-satu, yaitu dengan
mengujicobakan produk yang dihasilkan kepada tiga orang siswa. Evaluasi satu
satu ini dilakukan untuk melihat praktikalitas harapan produk yang dihasilkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang
dikembangkan memiliki tingkat validitas isi dan validitas konstruk dengan kategori
sangat valid. Berdasarkan hasil evaluasi satu-satu diperoleh bahwa produk yang
dihasilkan sudah praktis digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
multimedia interaktif yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:56
Last Modified: 11 Feb 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item
View Item