Yeni, Cici Tri Hendri (2022) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_Cici_ Tri_ Hendri _Yeni _17006005_1492_2022.pdf [thumbnail of B1_5_Cici_ Tri_ Hendri _Yeni _17006005_1492_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_Cici_ Tri_ Hendri _Yeni _17006005_1492_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan terhadap kemampuan diri sendiriterhadap situasi yang sedang dihadapi. Individu yang memiliki rasa percaya diriakan yakin pada kemampuan atau kompetensi diri, berani menerima danmenghadapi penolakan orang lain, berani menjadi diri sendiri dan mempunyaicara pandang yang positif terhadap diri sendiri. Kenyataannya masih ada siswayang kurang memiliki rasa kepercayaan diri seperti beberapa siswa tidak mampumengemukakan pendapat di depan kelas, merasa canggung saat bicara di depankelas dan tidak berani menjadi diri sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh salah satufaktor yang mempengaruhi kepercayaan diri yaitu dukungan sosial teman sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dukungan sosial teman sebaya,(2) kepercayaan diri siswa, serta (3) menguji dan menganalisis hubungandukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitiandeskriptif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 766 siswa yang terdaftar dikelas X, XI, dan XII SMA Negeri V Koto Kampung Dalam, pada Semester JuliDesember Tahun Ajaran 2021 dengan sampel sebanyak 266 siswa yang dipilihsecara Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah “daftarisian Dukungan Sosial Teman Sebaya untuk siswa Sekolah Menengah Atas dandaftar isian Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Atas” denganmenggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptifdan teknik korelasional Pearson Product Moment.Hasil temuan pada penelitian memperlihatkan bahwa: (1) kepercayaan dirisiswa berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial teman sebaya berada padakategori tinggi, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungansosial teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa dengan koefisien korelasi0,360 dan taraf siginifikansi 0,000. Implikasinya bagi Bimbingan dan Konselingakan didiskusikan, (4) Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konselingdapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi dengan topik: (a) kiat-kiatdalam kepedulian, (b) cara mengatasi kesepian dan (c) cara saling menghargai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEMAN SEBAYA, KEPERCAYAAN DIRI |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13628 |