Sepriani, Imelia (2015) Meningkatkan Keterampilan ke Sekolah Menggunakan Angkutan Umum pada Anak Slow Learner melalui Metode Latihan (Drill) di SMP Negeri 34 Padang (Single Subject Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IMELIA_SEPRIANI_17943_1717_2015.pdf [thumbnail of B1_2_IMELIA_SEPRIANI_17943_1717_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IMELIA_SEPRIANI_17943_1717_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan
pada seorang anak slow learner kelas IX di SMP Negeri 34 Padang yang belum
mampu dalam keterampilan ke sekolah menggunakan angkutan umum.
Berdasakan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa
Metode Latihan (drill) dapat meningkatkan keterampilan ke sekolah
menggunakan angkutan umum anak slow learner X di SMP Negeri 34 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A dan teknik analisis datanya
menggunakan analysis visual graphic. Subjek penelitian ini adalah anak slow
learner. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur persentase
kemampuan anak dalam skala sikap atau perbuatan keterampilan ke sekolah
menggunakan angkutan umum. Hasil penelitian,terlihat kemampuan keterampilan
ke sekolah menggunakan angkutan umum pada anak slow learner dapat
meningkat dengan metode latihan (drill). Pada kondisi baseline (A1) persentase
kemampuan keterampilan ke sekolah menggunakan angkutan umum dilakukan
sebanyak lima kali pengamatan, persentase kemampuan anak terletak pada
rentang 10%-30%. Pada kondisi intervensi (B) dengan menggunakan metode
Latihan (drill) pengamatan dilakukan selama sepuluh kali pengamatan, persentase
kemampuan keterampilan ke sekolah menggunakan angkutan umum terletak pada
rentang 30%-100%. Selanjutnya pada kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak
lima kali pengamatan, persentase kemampuan keterampilan ke sekolah
menggunakan angkutan umum terletak pada rentang 70%-90%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode
latihan (drill) mampu meningkatkan keterampilan ke sekolah menggunakan
angkutan umum pada anak slow learner di SMP Negeri 34 Padang. Disarankan
guru hendaknya memberikan metode latihan (drill) untuk meningkatkan
keterampilan pada anak slow learner agar dapat menjadi manusia yang mandiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:41 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13614 |