Yonestia, Fitri Legia (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FITRI_LEGIA_YONESTIA_1201223_4606_2016.pdf [thumbnail of B1_01_FITRI_LEGIA_YONESTIA_1201223_4606_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FITRI_LEGIA_YONESTIA_1201223_4606_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa belum berkembang secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaraan kooperatif tipe think talk write dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa dan untuk mengungkap apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang.
Penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang dengan sampel kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest, posttest dan kuis. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji-t.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW mengalami peningkatan dan fluktuasi. Kemampuan komunikasi Matematis siswa mengalami peningkatan pada indikator menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram, dan indikator menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan, atau bukti terhadap kebebasan solusi. Untuk indikator manipulasi matematika kemampuan siswa berfluktuasi. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang untuk taraf nyata . Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 06:49 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1358 |