Safitri, Fera Handayani (2021) Konsep Diri Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_FERA_HANDAYANI_SAFITRI_2090_16006124_2021.pdf [thumbnail of B1_05_FERA_HANDAYANI_SAFITRI_2090_16006124_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_FERA_HANDAYANI_SAFITRI_2090_16006124_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa adanya remaja yang memiliki konsep diri yang rendah dari aspek fisik seperti remaja merasa tidak cantik, dan aspek sosial seperti merasa tidak disenangi teman-temannya, dan aspek
emosi seperti merasa kurang bahagia, dan aspek moral seperti sering tidak jujur, dan aspek kognitif seperti merasa tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri remaja yang tinggal di pant i asuhan ‘Aisyiyah cabang Koto Tangah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah remaja tingkat SLTP yang berjumlah 20
orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) konsep diri remaja yang ditinjau dari aspek fisik berada pada kategori rendah dengan persentase 60%, (2) konsep diri
remaja yang ditinjau dari aspek sosial berada pada kategori sedang dengan persentase 40%, (3) konsep diri remaja yang ditinjau dari aspek emosi berada pada kategori rendah dengan persentase 50%, (4) konsep diri remaja yang ditinjau dari
aspek moral berada pada kategori rendah dengan persentase 65%, dan (5) konsep diri remaja yang ditinjau dari aspek kognitif berada pada kategori rendah dengan
persentase 55%. Berdasarkan temuan penelitian, sangat disarankan kepada pengurus panti untuk memberikan perhatian lebih terhadap konsep diri remaja yang tinggal di panti
asuhan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada terciptanya konsep diri yang baik dan positif pada diri anak dalam tahap perkembangannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:05 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13567 |