Yenni, Imra (2012) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Puzzle bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DII/C: Classroom Action Research di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IMRA_YENNI_93473_366_2012.pdf [thumbnail of B1_2_IMRA_YENNI_93473_366_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IMRA_YENNI_93473_366_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari ditemukannya siswa tunagrahita
ringan kelas II yang mengalami hambatan dalam membaca kata yaitu kata yang
ada huruf [b, m, p] di awal, tengah dan akhir. Hal ini ditandai dengan perilaku
yang muncul dimana anak cepat bosan dalam menerima pelajaran dengan metode
ceramah dan juga dikarenakan penggunaan media yang kurang optimal. Tujuan
dari penilitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca kata yang ada
huruf [b, m, p] pada anak tunagrahita ringan [M dan A] di kelas dasar II SLB
Muhammadiyah Nanggalo Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam
bentuk kolaborasi. Tindakan ini dilakukan kepada dua orang anak yang menjadi
subjek penelitian yaitu anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB
Muhammadiyah Nanggalo Padang.
Hasil penelitian membuktikan selama siklus I yang dilaksanakan lima kali
pertemuan dalam proses pembelajaran yang dimulai dari mendengarkan
penjelasan guru tentang penggunaan media, menyebutkan huruf dengan jelas,
membedakan huruf dalam kata, menyusun kepingan huruf menjadi sebuah kata
pada media puzzle, membaca kata yang ada huruf, menulis kata, dan
menyelesaikan latihan. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa diakhir
siklus I dapat dilihat bahwa M sebelum diberi tindakan medapatkan nilai 20 dan
setelah diberi tindakan I mendapat nilai 40. A sebelum diberi tindakan
mendapatkan nilai 10 dan setelah diberi tindakan I mendapat nilai 30.
Sedangkan pada siklus II dilakukan dalam empat kali proses pembelajaran
membaca kata yang ada huruf [b, m, p] di awal, tengah dan akhir kata melalui
penggunaan media puzzle anak meningkat. Dimana M yang pada siklus II
mendapat nilai 60 dan A mendapat nilai 50. Sementara hasil pada siklus III, M
mendapat nilai 80 dan A mendapat hasil 70 pada pelaksanaan siklus III. Dari hasil
penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa media puzzle dapat
meningkatkan kemampuan membaca kata yang ada huruf [b, m, p] bagi anak
tungrahita ringan kelas D II/C. Dengan demikian dapat disarankan kepada
sekolah, guru, dan peneliti berikut untuk dapat menggunakan media puzzle dalam
meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13560 |