Pratiwi, Indah (2016) Efektivitas Media Play Dough untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Bangun Datar bagi Anak Tunagrahita Ringan X (Single Subject Research di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_INDAH_PRATIWI_1105340_240_2016.pdf [thumbnail of B1_2_INDAH_PRATIWI_1105340_240_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_INDAH_PRATIWI_1105340_240_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan 
di SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh, seorang anak tunagrahita ringan 
yang mengalami permasalahan dalam mengenal bentuk bangun datar. 
Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 
efektivitas media play dough dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk 
bangun datar bagi anak tunagrahita ringan X. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan 
desaian A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan visual grafik. Subjek 
penelitian adalah anak tunagrahita ringan X kelas IV, yang mana anak diminta 
untuk menyebutkan, menunjukkan, dan membentuk bangun datar, seperti 
lingkaran, persegi, persegi panjang, dan segitiga pada setiap pertemuan, dan 
pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase. 
Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline(A1) sebanyak lima 
kali pertemuan dengan nilai stabil pada 25%, intervensi (B) sebanyak dua belas 
kali dengan nilai stabil 83,3%, dan kondisi baseline kedua (A2) sebanyak lima 
kali dengan kondisi stabil 83,3%. Hasil penelitian ini ditunjukkan pada analisis 
kondisi dan analisis antar kondisi yang menunjukkan kecenderungan stabilitas, 
estimasi kecenderungan arah yang meningkat, dan overlape data yang memiliki 
persentase rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 
media play dough dapat digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan 
anak tunagrahita ringan dalam mengenal bentuk bangun datar. 
Dan berdasarkan data hasil penelitian, peneliti memberikan saran bagi 
guru untuk menggunakan media play dough dalam meningkatkan kemampuan 
mengenal bentuk bangun datar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:05 | 
| Last Modified: | 11 Jun 2025 02:05 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13554 | 
 
         