Sari, Indah Purnama (2016) Dari Bisnis Keramba Kampung Menjadi CV Mayang Taurai di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam (1995-2014). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_INDAH_PURNAMA_SARI_18573_1929_2016.pdf [thumbnail of B1_2_INDAH_PURNAMA_SARI_18573_1929_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_INDAH_PURNAMA_SARI_18573_1929_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya secara pesat perusahaan
keluarga CV Mayang Taurai dalam usaha keramba di danau Maninjau Kecamatan
Tanjung Raya. Penelitian mengenai CV Mayang Taurai ini termasuk dalam kategori
sejarah perusahaan. Penelitian ini memfokuskan kepada sejarah berdiri dan
perkembangan CV Mayang Taurai dari tahun 1995 sampai 2014.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang meliputi empat tahap yaitu :
heuristik, kritik sumber, interpretasi serta historiografi (penulisan sejarah). Pertama,
penulis mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan objek penelitian
dengan menggunakan sumber primer. Sumber primer diperoleh melalui wawancara
dengan narasumber dan pihak terkait lainnya dengan menyiapkan pertanyaan
pertanyaan pokok yang sudah dirancang sebelumnya. Kedua, dilakukan kritik sumber
terhadap data yang telah diperoleh. Ketiga, interpretasi data. Keempat, historiografi
yaitu memaparkan hasil penelitian dalam bentuk sebuah karya ilmiah berupa skripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan CV Mayang Taurai di
Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam sebagai perusahaan yang bergerak
dibidang usaha keramba jaring apung lebih unggul dibanding pengusaha keramba
lainnya. Sebagai Perusahaan Keluarga, Mayang Taurai mampu bertahan dari tahun
1995 sampai sekarang ditengah banyaknya persaingan dengan pengusaha-pengusaha
lain, baik yang berukuran sedang maupun besar yang sudah memiliki banyak
keramba. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana strategi-strategi yang diterapkan
perusahaan yaitu: pertama, penawaran yang kompetetif dimana Mayang Taurai
menawarkan harga yang lebih murah. Kedua, pemilihan lokasi bisnis yang strategis
dan pemilihan daerah pemasaran. Salah satu hal terpenting yaitu kepemimpinan
dalam perusahaan yang merupakan modal CV Mayang Taurai untuk tetap
mempertahankan eksistensinya sebagai perusahaan keramba di Tanjung Raya
Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 09:29 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 09:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13532 |