Panggabean, Hasbullah (2019) Pengembangan Model Link and Match Learning (L&ML) Berbasis Produk pada Mata Kuliah Praktik Material Teknik. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_HASBULLAH_PANGGABEAN_15193010_1522_2019.pdf [thumbnail of B1_HASBULLAH_PANGGABEAN_15193010_1522_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_HASBULLAH_PANGGABEAN_15193010_1522_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mengembangkan model Link and Match Learning (L&ML)
berbasis produk pada mata kuliah praktik material teknik dari penggabungan dua
model PBL dan TEFA yang menghasilkan 5 sintak baru untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran praktik material teknik yang efektif, efisien dan relevan
dengan pendidikan vokasi.
Tahapan pengembangan model adalah melalui analisis, observasi, diskusi.
Validasi produk model dilakukan FGD oleh ahli/pakar sebanyak 5 orang sesuai
keahliannya masing-masing. Konstruk sintak model dianalisis dengan
Confirmantory Factor Analysis (CFA). Produk model diuji cobakan antara kelas
kontrol dengan kelas eksperimen. Konten/isi produk model dianalisis dengan
formula Aikens’V, uji praktikalitas, efektifitas, normalitas, kehomogenan dan Ujit
(beda) untuk menguji hipotesis penelitian pengembangan model L&ML pada
kelas kontrol dan kelas ekperimen dianalisis dengan SPSS-IBM versi 22.
Hasil analisis konstruk sintak model dinyatakan valid. Untuk konten produk
berdasarkan nilai Aikens’V rata-rata = 0,87 s/d 0,89. Uji praktikalitas keputusan
dosen dan mahasiswa rata-rata 80% s/d 96%, atau “sangat praktis”. Uji efektifitas
kelas terbatas dan diperluas dinyatakan efektif. Uji normalitas nilai pretest kelas
kontrol dengan eksperimen menurut shapiro wilk (>0,05) hasilnya = 0,243, dan
nilai posttest = 0,390, kehomogenan nilai pre-test kelas kontrol dan ekperimen
diperoleh Sig = 0,872, df1 = 1, dan df2 = 48, nilai pos-test diperoleh Sig = 0,936,
df1 = 1, df2 = 48. Uji-t (beda) kelas kontrol dan ekperimen diperoleh sig.(2-tailed)
yaitu = 0,000 pada kriteria (<0,05), hipotesis penelitian dapat “diterima”. Terjadi
peningkatan kompetensi mahasiswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen
yaitu: aspek kognitif = 20,92%, aspek psikomotor = 24,68%, dan aspek afektif =
27,52%, sehingga model Link and Match Learning (L&ML) berbasis produk
dinyatakan layak untuk diterapkan pada mata kuliah praktik material teknik
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Link and Match Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 09:28 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 09:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13529 |