Model Pembelajaran Generatif Berbasis Konflik Kognitif Berorientasi Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Komputasi

Akmam, Akmam (2022) Model Pembelajaran Generatif Berbasis Konflik Kognitif Berorientasi Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Komputasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_AKMAM.pdf] Text
B1_AKMAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Fisika Komputasi merupakan salah satu pembelajaran yang
aktif dalam membangun pengetahuan dalam struktur kognitif sesuai dengan
perspektif konstruktivisme dan kognitivisme yang bisa bersaing pada dunia
global. Namun kenyataan di lapangan menurunnya perkembangan nilai rata-rata
mata kuliah Fisika Komputasi mahasiswa program studi fisika tiap tahun sehingga
dibutuhkan model pembelajaran yang cocok digunakan untuk pembelajaran
seperti ini. Berdasarkan hal ini telah dilakukan riset pengembangan untuk
mengembangkan model pembelajaran generatif berbasis konflik kognitif
berorientasi berpikir kreatif pada mata kuliah Fisika Komputasi dengan sintak:
orientation, conflict cognitif, disclosure, construct, application dan reflectionevaluation
(PGOC3ARE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan
model PGOC3ARE yang valid, praktis serta efektif pada pembelajaran mata
kuliah Fisika Komputasi. Tujuan kedua adalah menghasilkan perangkat
pembelajaran yang valid, praktis serta efektif untuk pembelajaran mata kuliah
Fisika Komputasi.
Jenis penelitian menggunakan prosedur ADDIE. Hasil penelitian dan
pengembangan yaitu model pembelajaran yang dihasilkan diberi nama
PGOC3ARE mempunyai enam tahapan pembelajaran yaitu; orientation, conflict
cognitive, disclosure, construct dan application serta reflection dan evaluation.
Model PGOC3ARE sudah valid dan mempunyai tingkat praktikalitas yang tinggi
serta efektif. Produk berupa Buku Model, Bahan Ajar Fisika Komputasi,
Lembaran Kerja Mahasiswa, serta Buku Petunjuk Dosen sudah valid, praktis dan
efektif. Model Pembelajaran Generatif Berbasis Konflik Kognitif Berorientasi
Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Komputasi teruji valid,
praktis serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran Fisika Komputasi

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran Generatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 09:28
Last Modified: 10 Jun 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item
View Item