Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas X SMAN 4 Sungai Penuh.

Deristiawan, Beny (2011) Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas X SMAN 4 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_BENY_DERISTIAWAN_76602_2011.pdf] Text
B1_5_BENY_DERISTIAWAN_76602_2011.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalammata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XSMAN 4 Sungai Penuh 2010/2011. Hal ini terlihat dari masih banyaknya hasilbelajar siswa yang berada di bawah standar ketuntasan yang ditetapkan di sekolahyaitu diatas 7,00 (untuk rentan nilai 0-100). Kurang disiplin, cara belajar siswa,kurangnya pemanfaatan media pustaka, belum lengkapnya sarana dan prasaranayang dimiliki sekolah serta Metode Pembelajaran yang diberikan guru merupakanfaktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar siswa. Salah satu carayang dapat mengkondisikan siswa untuk hal tersebut adalah dengan penerapanMetode Pembelajaran Pemberian Tugas Problem posing. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa dengan MetodePemberian Tugas Problem posing. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen tidakmurni (Quasi exsperimen) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkanperbedaan tingkat keberhasilan siswa dengan menggunakan Metode Pemberiantugas Problem posing dan Metode Pembelajaran Konvensional terhadap hasilbelajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X yang terdaftar diSMAN 4 Sungai Penuh tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 63 orang siswa,teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknikrandom sampeling karena kedua kelas sampel memiliki hasil belajar yang hampirsama. Setelah dilakukan pemilihan secara undi dapat ditentukan kelas XC sebagaikelas eksperimen dan kelas XE sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan belajar siswa menggunakanMetode Pemberian tugas Problem posing pada kelas eksperimen dengan nilairata-rata 68,87 lebih tinggi dari pada tingkat keberhasilan belajar siswa kelaskontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional dengan nilai rata-rata 66,75.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBERIAN TUGAS, HASIL BELAJAR,TEKNOLOGI INFORMASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 09:28
Last Modified: 10 Jun 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item
View Item