Pengembangan Model Bimbingan Klasikal pada Snowballl Thrawing dalam Peningkatan Pemahaman Karakter SMART dalam Mencegah Bullying di SD

Tas’adi, Rafsel (2021) Pengembangan Model Bimbingan Klasikal pada Snowballl Thrawing dalam Peningkatan Pemahaman Karakter SMART dalam Mencegah Bullying di SD. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ADI_14169054_5235_2021.pdf] Text
B1_ADI_14169054_5235_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian adalah munculnya bullying di SD. Peran guru
kelas sebagai pelaksana bimbingan belum terlaksana dengan baik. Belum adanya
program yang jelas untuk mencegah bullying yang jika dibiarkan berdampak
buruk pada perkembangan murid. Dari permasalahan di atas perlu
memecahkannya melalui penelitian pengembangan yaitu MBk-ST prosedur
ADDIE (Analysis, Disain, Development, Implementation Evaluation). Subjek
penelitian siswa kelas VI SD. Data penelitian menggunakan kuesioner, pedoman
wawancara, tes, dan lembar validasi untuk setiap perangkat model. Instrumen
penelitian divalidasi oleh pakar/ahli. Data yang dikumpulkan diolah, dianalisis
secara kuantitatif dan kualitatif. Uji efektivitas MBk-ST menggunakan analisis
statistik dengan uji anava dua arah berbantuan SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan MBk-ST efektif dimana perbedaan antara skor pre-tes dengan posttest
sangat signifikan (p < 0,05).
MBk-ST yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan
pemahaman karakter SMART di SD. Hasil uji lapangan perangkat MBk-ST yang
dikembangkan sangat praktis digunakan dalam pemberian bimbingan klasikal
untuk meningkatkan pemahaman murid SD. Kepraktisan perangkat MBk-ST; (1)
tahapan bimbingan klasikal mudah dilaksanakan, (2) buku Latihan sangat
membantu murid memahami karakter SMART, (3) buku panduan guru mudah
dipahami (4) buku materi mudah dipahami dan dilaksanakan. Hal tersebut
diperkuat oleh dampak yang dihasilkan dari MBk-ST dimana terjadi peningkatan
perilaku murid dalam berinteraksi, bekerjasama dan berdiskusi dalam kelompok,
saling menghargai, melatih emosi dan meningkatkan kepercayaan diri serta sikap
toleransi antar sesama siswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal Snowballl Thrawing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 10 Jun 2025 09:28
Last Modified: 10 Jun 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13525

Actions (login required)

View Item
View Item